Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta. “Istimewa”. Ya, setidaknya itulah yang menjadi jargon klasik kota sekaligus provinsi yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah ini, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kota Jogja yang masyhur dengan sebutan Kota Pelajar nyatanya tidak serta merta membuat kota ini kaku untuk para wisatawan lho. Di Jogja, setiap orang bisa menikmati liburan dengan berbagai pilihan destinasi yang bermacam-macam.

Baca dulu: 9 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta yang Anti-Mainstream dan “Murmer”

gumuk pasir parangkusumo yogyakarta

Misal, jika kamu ke Jogja untuk nyari wisata unik, coba deh untuk menyusuri jalan menuju pantai Parangtritis. Sebelum sampai di Pantai kamu bakal ketemu dengan satu wisata yang keren dan anti-mainstream di Jogja bahkan Indonesia.

Nama tempat ini dikenal dengan sebutan Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo. Seperti namanya, di sini kamu akan menjumpai hamparan pasir yang menggunung. Para penunjung bisa menikmati beragam fasilitas layaknya di “obwis” pada umumnya.

Sejarah, Lokasi dan Rute Menuju Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta

Dulu, wisata ini tidak sepopuler sekarang. Baru pada beberapa tahun terakhir saja semenjak media sosial booming, tempat ini mulai dikenal dan menjadi incaran para traveller.

Tempat ini sendiri menyimpan sejarah yang cukup unik. Siapa sangka terbentuknya gundukan pasir yang menyerupai gurun di timur tengah ini menyimpan cerita. Konon, pasir-pasir yang menggunung itu adalah hasil dari abu vulkanik letusan gunung yang terbawa oleh aliran sungai opak dan sungai progo.

Karena telah terjadi bertahun-tahun dan terkena desiran angin setiap hari maka sebaran pasir pun terus meluas. Kini area yang telah tertutupi pasir mencapai 2 km-an. Yang lebih unik lagi, ini jadi satu-satunya wisata bertema gurun pasir di Indonesia yang dibuka untuk wisata publik lho. Wah keren ya?

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ialah di Jln Pantai Parangkusumo, Grogol, Kretek, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta. Dari alamat tersebut terlihat bahwa rute gumuk pasir parangkusumo sangat mudah dijangkau. Kamu hanya tinggal menyusuri jalan menuju pantai Parangtritis, sebelum sampai di pantai belok kiri. Tempuh perjalanan sekitar 5 menit sudah sampai.

Baca: 7 Tempat Wisata Pantai di Gunungkidul yang Keren Abis

Kamu Bisa Bersandboarding di Sana

Jika kamu ke sana, cobalah untuk sesekali bersandboarding ria. Berselancar di atas gundukan es mungkin sudah biasa kan, lalu bagaimana jika berselancar di atas pasir?

gumuk pasir parangkusumo yogyakarta

Sandboarding gumuk pasir parangkusumo (berselancar di atas pasir) adalah istilah yang unik sih untuk Indonesia apalagi Jogja. Kamu bisa menyewa peralatan sandboarding plus main selancar sepuasnya hanya dengan biaya Rp 150.000 saja.

Untuk kamu yang baru pertama kali mencoba permainan ini, pemandu akan menyarankan untuk beselancar di gundukan yang tidak terlalu curam. Lain lagi jika kamu sudah mahir bisa mencoba sendiri pasir yang sedikit curam.

Nyunset Cantik di Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta, Siapa Takut

gumuk pasir parangkusumo yogyakarta

Jika kamu mau tahu apa yang biasa dilakukan orang-orang saat ke Gumuk pasir ini maka jawabannya adalah menikmati sunset (nyunset). Jam operasional yang memang dibuka sampai jam 7 malam memungkinkan setiap pengunjung berkesempatan menikmati indahnya matahari terbenam. Momen ini lah yang paling ditunggu para pecinta fotografi, meski harus memastikan suasana tengah cerah.

Saat menikmati semburat sunset kamu bisa sembari duduk di ayunan yang tersedia di lokasi. Atau jika tidak kebagian bisa juga sambil duduk santai di atas pasir yang hangat.

Apa fasilitas yang bisa dinikmati di sana?

Seperti yang sudah disinggung di awal bahwa disini kamu bisa menikmati beragam fasilitas wisata lantaran lokasinya yang memang dekat dengan pantai Parangtrits.

Tempat parkir luas, mushola, warung makan, adalah fasilitas yang akan kamu jumpai di sana. Untuk harga tiket masuk Gumuk Pasir Parangkusumo sendiri terpisah dengan wisata pantai Parangtritis kok. Kamu hanya akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000 per orang, sementara karcis parkirnya hanya Rp 3.000 untuk motor dan Rp 20.000 untuk mobil. Murah Bukan?

Promo Pesawat Terbang ke Jogja >> Gumuk Pasir Parangkusumo

Untuk kamu yang suka berburu promo perjalanan wisata dengan pesawat, kamu bisa dapatkan beberapa info promo pesawat menuju Yogyakarta di berbagai situs online penjualan tiket.

Promo terbang dari Jakarta Jogja di airpaz.com bisa ditemukan pakai armada AirAsia. Promo diskon sebesar 40 % selama bulan Juni 2019 dimana harga yang dipatok hanya sebesar Rp 396.375. Hmm menggiurkan bukan?

So, kapan mau liburan ke Gumuk Pasir Parangkusumo Yogyakarta? Ditunggu ya…

Designed by Freepik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *