Tempat Wisata Oray Tapa di Manglayang sudah lama menjadi topik hangat para wisatawan saat berbincang soal deretan wisata alam di Bandung, Jawa Barat. Oray Tapa Manglayang menjadi salah satu wisata favorit yang bahkan image keindahannya sudah tersebar hingga ke luar daerah.

tempat wisata oray tapa @hndrs channel
Photo by @hndrs channel

Salah satu objek wisata terkenal di Bandung ini benar-benar menawarkan view yang indah. Setiap pagi dan petang, area wisata ini sangat cocok untuk duduk-duduk dan bercengkerama sekaligus menikmati cantiknya sunset dan sunrise dari balik bukit. Intinya, tempat ini sangat cocok buat kamu yang sedang mencari area camping di wilayah Bandung Timur gaes.

Baca dulu:

Tips Jitu Menghemat Budget Saat Liburan Kemana Saja

Alamat dan Lokasi Tempat Wisata Oray Tapa Bandung

Di jaman serba digital seperti sekarang ini, untuk mengetahui pamor sebuah lokasi cukuplah mudah, tinggal lihat di google maps. Tempat wisata ini sendiri sudah direview oleh ratusan orang. Jika kamu baru pertama kali akan kesana bisa gunakan gmaps tombol direction atau waze untuk mengantarmu ke lokasi.

Secara geografis, Oray Tapa Manglayang ini ada di Desa Mekarmanik, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Berada di kabupaten Bandung bagian timur menjadi berkah tersendiri karena Oray Tapa menjadi favorit wisata alam yang hampir tak pernah ada sepinya.

Soal rute dan akses menuju lokasi juga cukup mudah, kamu bisa pilih beberapa alternatif pilihan. Tergantung transportasi apa yang kamu gunakan untuk kesana. Singkatnya, untuk menjangkau lokasi bisa dengan membawa kendaraan pribadi atau menyewanya di tempat sewa kendaraan.

Jika bersama keluarga besar mungkin kamu bisa menyewa mobil sekaligus sopir. Namun jika bersama kawan-kawan, mungkin sambil berjalan-jalan bisa gunakan alternatif transportasi umum menuju lokasi. Rute jalannya sudah cukup mudah sebab dari akses jalan aspalnya yang sudah cukup halus. Hanya saja seperti halnya jalan menuju pegunungan akan cukup sempit dan berkelok, kamu mesti hati-hati.

Daya Tarik Objek Wisata Alam Oray Tapa Manglayang Di Kota Bandung

Sepertinya sudah menjadi rahasia umum jika kabupaten Bandung merupakan kota favorit untuk berwisata alam di Jawa barat. Khusus di kecamatan Manglayang ada wisata alam Oray Tapa ini yang menawarkan kesejukan dan pemandangan berbeda.

tempat wisata oray tapa @tantan gojer
Photo by @tantan gojer

Ada banyakk things to do yang bisa kamu tunaikan di sana. Setidaknya saya kumpulkan ada top 3 hal menarik untuk bisa kamu lakukan di sana.

Pertama, kesejukan hutan pinus dan cemara yang menghiasai lokasi wisata dijamin akan membuat kamu lupa sejenak dengan pekerjaan harian. Dan stress secara otomatis akan lenyap. Nuansa kesejukan dari asrinya kabupaten Bandung dari ketinggian sangat terasa di sini.

Kedua, kamu bisa bersepeda ria mengelilingi jalur santai yang sudah ada. Ini sekaligus jadi pembuktian bahwa menikmati keindahan hutan yang sejuk dan hijau dari ketinggian sangat mudah di tempat ini.

Ketiga, ada juga motor cross yang bisa disewa untuk kamu yang ingin menantang adrenalin diri sendiri. Fasilitas moto cross ini tersedia di lokasi dan kamu bisa meminjamnya dengan membayar tarif sesuai ketentuan.

Terakhir, ini yang paling seru, kamu bisa menggelar tenda camping di lokasi. Tempat ini sudah menjadi langganan para pecinta kemah. Puluhan muda mudi dengan rombongannya masing-masing sering menggelar tenda di sini.

Sekilas Sejarah Tentang Oray Tapa

Wisata alam di kabupaten/kota Bandung yang satu ini diberi nama Oray Tapa. Lokasinya berada di atas puncak gunung Manglayang di ketinggian 700 mdpl. Areanya dipenuhi dengan tanaman pinus dan cemara dengan luas areal total sekitar 5 hektar.

Perlu kamu ketahui, selain dikenal karena keindahannya, Oray Tapa menyimpan beberapa cerita sejarah yang terkenal. Misalnya arti nama Oray Tapa sendiri ternyata berasal dari suku kata bahasa sunda yang artinya ” Ular Bertapa “.

Sekilas memang terdengar angker namun siapa sangka ini hanya soal asal – usul penamaan tempat ini saja. Aslinya tempat ini sangat ramah pengunjung dan tidak ada kesan serama sama sekali.

Justru tempat ini terus booming dan dikenal banyak pengunjung baru. Akan sangat tepat jika cuaca dingin bisa menjadi lokasi wisata akhir pekan siapa saja.

Di lokasi ada juga sumber mata air yang unik. Sumber mata air ini tetap muncul di musim kemarau. Karena khasiatnya yang menurut para penduduk bisa menyembuhkan berbagai penyakit maka jangan heran jika akan banyak pengunjung yang membawa pulang air tersbut.

Menurut cerita, sumber mata air ini sudah ada sejak 1997. Hingga saat ini masih digunakan sebagai kebutuhan sehari-hari oleh penduduk sekitar.

Fasilitas yang Tersedia

Demi memberikan kenyamanan kepada setiap pengunjung, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas wisata. Seperti diantaranya toilet untuk MCK, mushola, areal parkir luas, tempat duduk santai, dan lain-lain.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut, kamu jadi tidak perlu lagi khawatir soal kebutuhan aktivitas ibadah kamu. Cukup ke lokasi dengan teman dan keluarga, nikmati keindahan alam Oray Tapa dengan nyaman.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk

Nah setelah kita sudah panjang lebar bicara soal fasilitas, sejarah, dan lain lain kini kita akan bicara soal tiket masuk. Adapun harga tiket masuk menuju lokasi wisata Oray Tapa adalah sebesar Rp 3.000/ -orang. Harga tersebut belum termasuk parkir.

Baca:

Kawah Rengganis Ciwidey Bandung, Nikmati Momen Liburan Spesial di Jawa Barat

tempat wisata oray tapa @yorks cuomo
Photo by @yorks cuomo

Untuk kamu yang mau camping bisa bawa peralatan sendiri atau sewa tenda di lokasi. Harga nya bisa kamu tanyakan ke petugas yang ada di sana atau bisa juga dengan mencari tahu lewat saudara atau teman terdekat.

Gardu tiket masuk Oray Tapa dibuka dari jam 07.00 hingga 18.00 WIB. Sementara lokasi wisata bisa diakses selama 24 jam secara bebas. Inilah mengapa Oray Tapa sangat pas untuk tempat camping siapapun.

Nah, itu dia ulasan dari saya seputar tempat wisata Oray Tapa manglayang, semoga membantu memberikan gambaran buat kamu yang dalam waktu dekat akan berlibur kesana. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *