Halo lungadolaners kali ini ane mau cerita soal pengalaman ane saat ngurus perpanjangan sim C di Kebumen.

perpanjangan sim c di Kebumen

Oke langsung saja…

Waktu itu, sebenernya masa berlaku SIM ane jatuh tempo tanggal 28 Mei gaes. Tapi karena khawatir telat jadi ane ngurus perpanjang sim C di Kebumen -nya lebih awal (6 Mei 2019)

Jujur, yang ane takutkan cuma satu: “mbok-mbokan” nanti pas jatuh tempo malah pas sibuk atau kelupaan kan repot. And..denger-denger juga sih harus ngikuti prosedur bikin SIM baru kan ya kalau sampai telat. Selain bakal nambah ribet, nguras waktu n tenaga juga belum tentu pas lagi gablek duit yekan?

Whatever lah ya. skip skip

Oke next…

Jadi ceritanya begini gaes…

Saat itu hari kalau nggak salah hari senen, tanggalnya seingetku tanggal 6 kayak yang udah kusebut di awal. Tau sendiri kan ya di hari dan tanggal itu bertepatan dengan hari apa. Yap, hari pertama PUASA 😊 ☹. (Duh nggak tahu harus sedih ato seneng)

Sempat terbayang sih di kepala ane, bakalan “ngelak” banget nih pasti di sana. Secara kan ya ini hari pertama puasa dan biasanya antreannya bakal membludak…

Tapi ya mau gimana lagi yang namanya kewajiban sebagai warga negara jadi ya mau nggak mau tetep harus dihajar. Smangiiitttzzz…!!!

Singkat cerita..

Hari itu, yang ane anggap sebagai hari bersejarah karena harus antre sambil nahan laper aus jadi mesti segalanya ready. Jadilah kusiapin semua berkas-berkas yang nanti bakal dibutuhin. Termasuk pulpen kertas, ktp, KK dll, ya kali aja sewaktu-waktu barang-barang itu dibutuhin bisa jadi hero in the middle day.

Btw…pagi itu ane berangkat dari rumah (baca: kos) Karanganyar sekitar jam 06.30 WIB, sampai sana sekitar jam 07.00 an. Bayangan ane pasti sudah ramai banget nih di TeKaPe mengingat waktu itu hari senen. Terlebih lagi keingetan, dulu kan pas bikin sim C baru ngantrenya bukan main. Sedari pagi dan mengular puanjang banget.

Butt…ternyata dugaanku salah. Sesampainya disana ternyata masih sepi. Baru ada sekitar 9 orang yang lagi duduk-duduk sambil nguap-nguap. You know lah, maklum ini kan hari pertama mereka pada bangun gasik buat sahur.

Nah, dari 9 orang itu kemungkinan juga nggak semuanya datang bikin surat Pemeriksaan Kesehatan (rikkes) gaes. Setau ane sih stelah hasil ngobrol sesama pengantre, ada beberapa orang yang cuma nemenin temennya doang. Biasalah yang kaya gitu gitu (dalam ati: bikin sumpek doang) 😀

Oke lanjut…

Dikarenakan jam pelayanannya dimulai jam setengah 08.00 WIB alhasil ane dan temen-temen yang lain harus nunggu selama kurang lebih setengah jam-an. Setelah menunggu dengan sabar akhirnya salah seorang petugas pun keluar membuka pintu dan membagikan nomor antrean.

Karena sudah ada beberapa orang yang dateng lebih awal akhirnya ane pun dapat no atrian 10 gaes. Gapapalah..

Setelah beberapa menit sejak pembagian nomer antrean, akhirnya tibalah giliran ane dipanggil masuk. Dipanggilah nama-nama kami 1-3 orang sekali panggil untuk masuk ruang periksa. Ada beberapa pos yang mesti dilewati sebagai langkah prosedural.

Di pos pertama ane diminta KTP (boleh asli boleh FC-an), terus ngukur tinggi dan berat badan. Waktu itu kayaknya nggak sampai satu menit udah beres.

Selanjutnya ane disuruh masuk ruangan khusus untuk pengetesan kesehatan mata (buta warna, minus dan lain-lain). Ane diminta melihat buku berisi angka berukuran besar dalam kertas yang dilubangi kecil-kecil. Sepertinya sih bakal sulit dibaca untuk orang yang penglihatannya bermasalah. Tapi optimis gaes karena petugasnya ramah dan so pasti bakal sudi buat ngulang-ngulang.

Singkat cerita, setelah ane sukses baca semua angka, ane disuruh ke pos terakhir yaitu foto dan cetak surat keterangan rikkes. Akhirnya seluruh ritual cara perpanjang SIM di Kebumen selesai sudah. Tinggal cuss Pulangg…

Eitszz salah bukan pulang…tapi lanjut ke kantor Satlantas di Jalan Sarbini..

Baca gan:

Daftar 8 Kampus di Kebumen Terfavorit Profil Lengkap dan Lokasinya

Syarat Perpanjangan Sim C di Kebumen

perpanjangan sim c di kebumen.jpg4.jpg

Nah, tadi kan ane dah cerita tuh soal perjalanan ane sampai di asrama polisi tempat buat cek kesehatan. Sekarang, ane bakal flashback untuk bahas syarat-syarat yang harus dibawa saat perpanjang sim C di Kebumen.

Oke to de point aja ya, ini dia daftar berkas-berkas persyaratan yang harus dibawa sebagai syarat perpanjang SIM di Kebumen.

  1. Cek Kesehatan di asrama polisi
    Untuk yang ini sudah ane bahas ya dicerita ane sebelumnya. Cukup dateng ke asrama polisi di jalan H.M Sarbini, bawa KTP asli (boleh juga FC nya) ambil antrean, trus tunggu nanti bakal dipanggil nama sampean.
  2. SIM C lama (asli) tdk perlu difotokopi
    Kenapa sim C lama-nya tidak perlu di fotokopi? Karena nanti bakal diganti dengan yang baru alias yang lama bakal diamankan petugas gaes.
  3. KTP asli dan atau foto kopi
    KTP diperlukan untuk nanti dilampirakan saat pengambilan formulir isian.
  4. Form registrasi
    Ini nanti akan dikasih sama petugas di Satlantas setelah agan nunjukin syarat-syarat sebelumnya di atas.

Syarat-syarat di atas nanti bakal di klip jadi satu bendel gaes untuk diproses ke tahap selanjutnya.

Kalau semua berkas pesyaratan di atas sudah lengkap yuk mari ane antar ke Satlantas. Disanalah nanti kamu bakal ngurus perpanjangan SIM C dari mulai ngisi formulir registrasi, bayar, sampai cetak SIM C baru.

*Note: Sebenernya ada SIM keliling yang stand by di Gedung Haji Kebumen yang buka mulai pukul 09.00. Namun karena ane dah kadung berangkat gasik jadi ke Satlantas aja tur lewih cepet.

Penutup: Prosedur Urutan Perpanjangan SIM di Kebumen

Selanjutnya, ane akan ceritakan urutan dari awal sampai akhir mengurus Perpanjangan SIM C di Kebumen. Biar lebih runtut bagaimana prosedur dan cara perpanjang SIM di kebumen, bisa kamu simak di bawah ini.

perpanjangan sim c di kebumen.jpg4.jpg

1. Datang pemeriksaan kesehatan (surat rikkes) bertempat di kompleks Asrama Polisi Jln H.M Sarbini, Kranggan, Bumirejo, Kec. Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah 54316. Jam operasional pelayanan mulai jam 7.30 WIB namun antrean sudah bisa diambil pukul 07.15 WIB.

2. Setelah mengikuti prosedur yang sudah ane sampaikan di atas dan berhasil dapat surat kesehatannya selanjutnya menuju tempat perpanjang SIM di kebumen yakni menuju kantor Satlantas. Di Satlantas siapkan kelengkapan persyaratan lainnya (FC KTP, sim C lama, rikkes). Seperti biasa sampai sana Anda akan disambut dengan ramah oleh petugas parikir. Parkirlah di area yang tersedia di luar Satlantas sesuai arahan. Selanjutnya langsung saja ke gardu/pos paling depan untuk minta form perpanjangan. Jangan lupa tunjukkan FC KTP, sim C asli, dan hasil rikkes-nya. nanti berkas-berkas tersebut bakal diklip jadui satu dengan formulirnya.

Isi form tersebut dengan benar. Jika perlu contoh pengisiannya bisa menuju ke sebelah selatan gardu/pos, disana ada tempat khusus untuk melihat contoh formulir yang telah diisi.

3. Letakkan form yang sudah diisi dan kelengkapannya (satu bendel) yang sudah diklip di loket 1 nanti akan ditarik masuk untuk di tindak lanjuti.

4. Selanjutnya akan dipanggil untuk membayar biaya administrasi utama Rp 75.000 di loket pembayaran (loket 2) dan akan diberi kuitansi.

5. Selanjutnya, kamu akan dipanggil untuk rekam sidik jari, tanda tangan, dan foto close up (ane saran dari rumah gunakan baju berkerah dari rumah daripada nanti disana harus suruh ganti dobelan yang sangat mungkin kedodoran/kekecilan di badan agan).

satlantas kebumen.jpg4.jpg

6. Kalau sudah foto dll tinggal antre diluar menunggu SIM C dicetak dan akan dibagikan di loket 7. Disini ada biaya cetak 10.000 entah pungli atau tidak wallahualam. Waktu itu ane tidak kepikiran utk tanya langsung ke petugasnya kenapa ada penarikan biaya cetak. Kalau sampean besok selo dan punya nyali bisa ajak ngobrol kenapa ada tambahan biaya cetak padahal di UU gak begitu. Inget ya nanyanya biasa aja. hehe

7. Taraaa…sim C baru pun jadi.

sim ce kebumen

Baca:

Inilah Daftar 14 Pantai di Kebumen Paling Eksotis, Mulai dari Paling Ramai Hingga yang Tersembunyi

Total Biaya yang Harus Dikeluarkan

Setelah tadi bicara soal syarat yang harus dibawa, sekarang ane mau bahas soal rincian dan total biaya yang harus agan keluarkan.

  • Biaya rikes: Rp 40.000
  • Fc ktp: Rp 500
  • Parkir di asrama polisi (buat surat rikkes): Rp 1.000
  • Parkir di area Satlantas: Rp 2.000
  • Biaya admin pokok perpanjang SIM C: Rp 75.000
  • *Biaya cetak hasil jadi kartu SIM C: Rp 10.000

Maka totalnya sekitar Rp 128.500. (Ini belum termasuk bensin sama rokok panjenengan lho ya..haaa). jadi itung aja sendiri plus plusnya.

kuitansi perpanjang sim Kebumen
Ini kuitansinya

Oke deh itu dulu curhatan ane soal ngurus perpanjangan SIM C di Kebumen. Kalo ada yang tahu info terbaru kali aja ada perubahan kebijakan bisa diceritain di kolom komentar yes. Selamat berpuasa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *