Objek wisata di Pangandaran Terbaru memang cukup banyak, bahkan kesemuanya hampir selalu digandrungi oleh para wisatawan baik lokal maupun manca negara.

Pangandaran yang merupakan salah satu kabupaten/kota di pulau Jawa bagian barat ini memang dikenal memiliki bentang alam yang unik. Lihat saja, kekayaan alam berupa pantai hingga wisata alam bukit menjadi destinasi unggulan kota ini.

Nah, karena keindahannya yang menggoda itulah mimin seperti tergerak untuk mengulas beberapa destinasi wisata yang ada disana.

8 Tempat Wisata di Pangandaran Terbaru yang Eksotis dari Pantai hingga Bukit

Di Pangandaran sendiri ada banyak destinasi wisata alam baik pantai maupun non-pantai yang menyajikan keindahan yang memesona.

Tidak heran jika Pangandaran dikenal dengan keindahan wisata alamnya, tidak hanya oleh wisatawan Indonesia saja, tapi juga oleh turis asing.

Pernah dengar Green Canyon? Wisata di Pangandaran Green Canyon merupakan salah satu destinasi wisata unggulan. Tempat ini mampu mencuri perhatian banyak kalangan dengan panorama cantiknya yang anti-mainstream.

Nah, namun disini saya tidak akan mengulas soal Green Canyon lebih jauh sebab kita akan coba mengulas destinasi wisata yang lain. Penasaran, apa saja?

Baca dulu:
9 Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta yang Anti-Mainstream dan “Murmer”

1. Pantai Batu Karas

Di objek wisata yang satu ini, Kamu tidak hanya sekadar bisa bersantai menikmati eloknya pemandangan namun juga bisa beraktivitas selancar.

wisata di pangandaran terbaru
Photo by @Rachmat Witular

Pantai ini merupakan perpaduan dari pantai Batu Hiu dan Pantai Pangandaran sendiri lho.

Lokasi pantai Batu Karas Pangandaran ini berada di Jalan Batu Karas, Batukaras, kecamatan Cijulang. Pantai ini menawarkan suasana pesisir yang tenang dengan gelombang laut yang bersahabat.

Jadi, untuk Kamu yang tengah mencari lokasi wisata pantai yang eksotis dan “beda”, pantai Batu Karas bisa jadi pilihan terbaik Kamu.

2. Pantai Krapyak

Di Pantai Krapyak, Kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih yang memanjang lebih kurang 5 km dari bibir pantai. Batu karangnya seperti menara menjulang ke atas dan biasanya untuk rumah beberapa ikan dan kumang.

Kondisi air laut yang sangat bening kehijauan sangat mendukung untuk bisa melihat pesona bawah laut dengan sangat jelas.

Pantai Krapyak berlokasi di Desa Bagolo, Pangandaran. Suasana pantai ini sangat sejuk, dipenuhi dengan banyak pohon-pohon rindang. Jika Kamu kesana maka dijamin akan bertemu dengan sepoi angin berpadu dengan kesejukan pohon yang asri. Sangat pas untuk membantu menghilangkan penat Kamu di akhir pekan.

3. Pantai Madasari

Pantai Madasari berlokasi di Desa Masawah, kecamatan Cimerak, Pangkamuran. Masyarakat sekitar menyebut pantai ini dengan nama Pantai Bulak Benda.

Salah satu ciri khas yang unik dari tempat wisata di Pangandaran terbaru ini adalah terdapatnya pulau-pulau kecil di tepian pantai. Ada setidaknya enam pulau, yakni Batu Gedogan, Batu Sebrotan, Batu Leuit, Legok Gandu, Cariuk, dan Pkamun Nyampai.

Selain berfoto dengan berlatar pulau-pulau kecil tadi, Kamu juga bisa berkemah ria sambil memancing. Keduanya bisa Kamu lakukan di pantai Madasari ini

4. Pantai Pasir Putih

Panorama alam bernuansa khas Pantai Selatan yang eksotis sangat terasa di objek wisata yang satu ini. Pasir pantai yang putih dan kondisi air yang masih jernih membuat lokasi ini cocok untuk berbagai aktivitas mulai dari sekadar santai hingga snorkeling.

Untuk sampai ke kawasan pantai pasir putih, Kamu harus melewati cagar alam baik itu jika via barat atau timur. Tidak perlu risau, rute ini akan membawa Kamu menikmati keindahan cagar alam yang menarik.

Di sepanjang perjalanan, Kamu akan menemui banyak hewan yang berkeliaran. Daya tarik utama dari pantai ini adalah nuansa alamnya yang masih cukup terjaga sebab berada di kawasan konservasi.

5. Cagar Alam Pananjung

Di lokasi wisata ini selain sebagai tempat perlindungan flora dan fauna juga terdapat gua-gua alami yang bisa disusuri pengunjung. Sebut saja gua Panggung, Sumur Mudal, Paraf, Lanang, dan gua Jepang.

Wisata cagar alam Pananjung ini mempunyai luas area sekitar 530 hektar. Di objek wisata yang satu ini terdapat koleksi aneka flora dan fauna dengan beberapa spesies langka seperti bunga raflesia, banteng, rusa, dan juga aneka jenis kera.

Cagar alam Pananjung sendiri berada di desa Pananjung pangandaran.

6. Green Valley Citumang

Objek wisata yang satu ini berupa sungai dengan airnya yang jernih dan mengalir ke dalam goa. Aliran air sungainya terlihat membelah hutan dengan debit aliran sedang terutama yang menuju ke goa.

Keindahan alam di sekitarnya juga begitu asri dengan berbagai macam tumbuhan hutan yang tumbuh rindang disana.

Yang unik dari wisata ini dan menjadi wahana favorit keberadaan arena body rafting dan arung jeram yang seru. Wahana ini bisa dinikmati oleh siapa saja. Lokasi Sungai Citumang sendiri berada di komplek objek wisata Citumang, Desa Bojong, Parigi, Pangandaran.

7. Curug Taringgul

Daya tarik utama dari tempat wisata yang satu ini adalah aliran sungainya yang berwarna hijau kebiruan. Plus disampingnya ada air terjun yang mengalir ke sungai. Adapun aktivitas favorit di tempat ini adalah body rafting yang bisa dinikmati oleh setiap pengunjung muda hingga dewasa.

Curug Taringgul ini berlokasi di Jalan Cibanten, Blok Ciawitali, Kertayasa, Cijulang, Pangandaran, Jawa Barat. Kamu bisa membuka gmaps untuk menemukannya.

8. Pepedan Hills (Bukit Pepedan)

Photo by @Pepedan Hills

Di Pepedan Hills ini pengunjung bisa menikmati pemandangan alam eksotis dari atas perbukitan Goa Nyiuran.

Yang menarik dari tempat ini adalah adanya area camping, outbond, hiking dan juga fasilitas susur sungai. Kamu bisa berfoto di atas bukit dengan latar pegunungan yang menjulang.

Soal kuliner, di Pepedan Hills Kamu bisa menikmati sajian kuliner khas Pangandaran, nasi liwet kampung. Kamu bisa berkunjung ke bukit ini jika saat musim liburan tiba atau di akhir pekan.

Nah, dari 8 tempat wisata di Pangandaran terbaru yang sudah saya ulas di atas mana yang sudah dan belum Kamu kunjungi? Sebaiknya segera Kamu agendakan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *