Lagi nyari-nyari tips irit anak kos? Siapa nih disini yang lagi jadi anak kos? Hehe. Pasti sering kan nahan laper atau nahan diri enggak hang out sama temen karena duit di dompet lagi tipis-tipisnya?

Hmm ya, anak kos memang identik dengan momen-momen kayak gitu gaes. “Ngirit” itu udah kayak semboyan perjuangan mereka selama hidup dibawah bayang-bayang ibu kos aja.

Istilah anak kos sendiri memang sudah sangat populer sih, tapi nggak ada salahnya kan kita definisikan lagi supaya lebih gampang dimengerti.

Umumnya, istilah anak kos ini disandang oleh mereka-mereka yang nyewa kamar buat ditinggali karena jauh dari rumah. Di kota, penghuni kos memang lebih identik dengan mahasiswa terutama kos-an yang dekat dengan kampus.

tips anak kos.jpg1.jpg

Jauh dari rumah dan orang tua menuntut mereka untuk sebisa mungkin hidup mandiri, makan dan minum dengan persediaan seadanya. Walhasil, keperluan apapun semaksimalnya ditekan agar terhindar dari pemborosan. Duh!!

8 Jurus alias Tips Irit Anak Kos Khusus Buat Kaum Mahasiswa

Mengatur penggunaan uang yang ada sementara banyak kebutuhan yang mesti dipenuhi memang bukan perkara mudah. Banyaknya keperluan yang harus dipenuhi dalam waktu bersamaan terkadang jadi dilema.

Bahkan terkadang kamu harus rela perutmu kosong kelaparan daripada nggak bisa beli kebutuhan yang lebih penting, kan? Atau bisa juga sebaliknya. Misalnya, lebih baik tidak beli tas baru daripada tidak bisa makan sampai minggu depan dan lain-lain. Semua itu kerap menjadi dilema bagi para mahasiswa dan orang-orang yang bergelar: penghuni kos.

Cara Hemat Uang Bulanan Anak Kos

Meski mungkin kamu berasal dari keluarga kaya namun ngirit adalah hak setiap orang kok. Berikut ini tips hemat anak kos yang bisa kamu praktekkin.

1. “Nggak usah” atau hindari belanja kebutuhan pribadi di minimarket atau toko-toko besar

Tau nggak sih bahwa penyakit orang-orang Indonesia adalah budaya konsumtif yang sering tak terkendalikan? Beli ini itu yang belum tentu penting banget dalam waktu bersamaan.

Apalagi kalau beli kebutuhan di mini atau supermaket tentu mata kita kemana-mana. Duit yang harusnya buat motokopi bisa-bisa dipakai buat beli bedak dan lain-lain. Hmmm

Inget ya, memebeli kebutuhan di minimarket hanya akan menambah daftar item keinginan bertambah saja.

Hindari pergi berbelanja kebutuhan di minimarket. Jika barang yang kamu butuhkan mudah dicari, belilah barang-barang tersebut di warung terdekat tempat kosmu saja. Hal itu akan mencegah Kamu menginginkan barang-barang lain yang menggoda untuk dibeli.

2. Berlaku iritlah dalam hal apapun bahkan dalam hal minum sekalipun.

Jika Kamu anak kos, berlaku irit untuk semua hal menjadi sangat penting. Bahkan untuk sekedar minum sekalipun Kamu sebaiknya menahan diri untuk tidak membeli minuman kemasan di toko.

Hal tersebut perlu Kamu lakukan untuk menekan biaya konsumsi hidup Kamu agar jangan sampai membengkak. Hindari membiasakan diri membeli minuman kemasan yang mahal. Tetaplah menjadi penikmat air putih sejati karena pengeluaran untuk membeli minum hanya akan menguras dompet Kamu secara tidak sadar.

3. Minimalkan penggunaan ATM

Usahakan mengambil uang dari ATM seminggu sekali jika diperlukan. Setelah itu jauhkan ATM Kamu dari dompet dan tas kemudian simpan di tempat tersembunyi di kos. Hal itu hanya agar Kamu tidak kepincut untuk mengambil uang di ATM Kamu untuk hal-hal yang kurang perlu.

4. Cari tempat belanja murah dan berdiskon

Sering-seringlah mencari referensi harga di lebih dari satu toko. Atur jadwal pembelian barang secara jeli dan hanya akan Kamu beli di toko-toko yang sedang obral diskon. Hal itu berguna untuk mengurangi beban pengeluaran Kamu.

5. Minimalkan penggunaan gadget untuk intenet saat jauh dari Wi-fi

Berhematlah untuk tidak boros memakai penggunaan data seluler. Sebaliknya, carilah sumber wi-fi sebagai sumber akses internet Kamu.

Sekarang ini sudah banyak tempat yang menyediakan akses wi-fi sebagai senjata ampuh mereka untuk menarik konsumen. Jadi datangilah tempat-tempat tersebut jika Kamu adalah orang yang sulit jauh dari yang namanya berselancar di internet.

Baca juga:
8 Tips Cerdas dan Hemat Saat Liburan ala Backpacker Sejati

6. Pastikan Kamu sudah makan saat hangout atau nongkrong

Biar nongkrong Kamu berkualitas dan hemat. Usahaka Kamu sudah makan terlebih dulu sebelum keluar kos. Makan di kos akan jauh lebih irit karena Kamu tidak akan tergiur dengan makanan cemilan/makanan enak yang lain.

7. Perbanyak kawan yang bisa dipinjami fotokopian materi

Jika Kamu sadalah salah satu mahasiswa dengan banyak tugas dan harus mengkopi materi dari dosen. Cobalah untuk dekat dengan salah satu kawan Kamu yang rajin mengkopi materi kuliah.

Berbaik hatilah padanya dan usahakan untuk meminjam saja padanya saat Kamu butuhkan.

8. Simpan sebagian uangmu di tempat-tempat tertentu yang tidak setiap hari Kamu melihatnya

Menghemat uang ternyata bisa dilakukan tanpa sengaja lho. Kamu bisa menyisihkan beberapa lembar uang kertas yang ada di dompet dan disimpan di tempat tersembunyi. Hal itu bisa menjadi solusi Kamu ketika sewaktu waktu Kamu dalam keadaan kepepet butuh uang sehingga Kamu bisa menggunakan uang yang telah Kamu simpan tadi.

Nah demikianlah tips irit anak kos dalam berhemat uang bulanan. Jadi gimana, ngirit itu gampang, kan? Semoga bermanfaat! (rn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *