Tempat wisata di Lebak Banten sebenarnya banyak yang masuk dalam wishlist tempat liburan para wisatawan lho.

Keberadaan objek wisata terkenal mulai dari wisata pantai hingga budaya membuat kota ini semakin digandrungi pesona alamnya. Semua itu ada di kabupaten yang beribukota di Rangkasbitung ini

Dampak positif dari keindahan bentang alamnya membuat salah satu kabupaten di Provinsi banten ini kebanjiran wisatawan. Deretan pantai yang membentang luas dan panjang di selatan pulau Jawa membuatnya semakin eksotis.

Ditambah lagi beberapa wisata alam buatan seperti desa wisata dan bukit menambah daftar panjang objek wisata di kabupaten Lebak Banten.

8 Tempat Wisata di Lebak Banten yang Ramai Pengunjung

Berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten Lebak yang sangat layak untuk Kamu kunjungi.

1. Pantai Karang Bokor

Pantai ini terkenal dengan ombaknya yang cukup tinggi. Namun meski begitu, pantai ini terbilang masih aman lho untuk jadi tempat melepas penat. Pemandangan lain yang bisa Kamu jumpai di sini adalah kondisi pasir coklatnya yang masih sangat asri.

Photo by @lucky arya

Di Pantai Karang Bokor ada sebuah karang besar di tengah laut yang dianggap sebagai ikon pantai ini. Karang tersebut akan menghasilkan suara yang menggelegar saat diterpa ombak pasang tinggi.

Dan sepertinya itulah yang menjadi tanda bahwa pantai ini memiliki terpaan ombak yang maha dahsyat.

2. Pantai Bagedur

Pantai bagedur ini berada di kecamatan Malingping. Pantai ini terbilang sangat eksotis karena belum lama dibuka. Dengan ombak dan hamparan pasir khas pantai selatan membuatnya sangat pas untuk liburan bersama sahabat dan kolega bisnismu.

Di Pantai Bagedur, Kamu akan disuguhi pemandangan lepas pantai yang indah. Garis pantainya yang sangat panjang hinga 15 kilometer-an membuat Kamu dan pengunjung lainnya tak perlu berebutan tempat. Saat ini, pantai Bagedur telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti bermain ski dan banana boat, lho.

3. Kebun Teh Cikuya

Kebun teh hijau tidak hanya bisa dinikmati di Bandung ataupun Bogor saja gaes, di Banten, Kamu juga bisa menikmati sejuknya perkebunan teh.

Baca:
Kebun Teh Rancabali Ciwidey Suguhkan Kesejukan Pagi di Sisi Selatan Kota Bandung

Di kabupaten Lebak tepatnya di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber sudah cukup lama dibuka kebun teh seluas 120 hektar.

Jika Kamu kesana, Kamu akan terbawa suasana sejuk layaknya di puncak.

Para wisatawan menyebutnya dengan kebun teh Cikuya. Ini merupakan sebuah kawasan perkebunan teh di ketinggian 750-1200 mdpl yang dikelola oleh PT. Harendong Green Farm. Meski baru 40 hektar yang dikelola sebagai objek wisata namun pengunjung umum boleh menikmati keindahan kebun teh ini.

4. Curug Munding

Salah satu tempat wisata di Lebak yang tergolong dalam wisata alam adalah Curug Munding. Curug ini seperti kebanyakan wisata curug lainnya, mengalir aliran air deras dari ketinggian yang langsung terjun menghantam batu di bawah.

Curug ini berlokasi di desa Cicaringin, kecamatan Gunung Kencana. Kondisinya masih sangat asri karena jarang dijangkau oleh masyarakat umum.

Disana, Kamu bisa menikmati panorama indah di tengah hutan ditemani germericik air yang jernih.

5. Curug Ciporolak

Curug lain yang berada di lokasi yang berbeda namun masih dikabupaten Lebak adalah curug Ciporolok. Curug ini berada di desa Hegarmanah atau Lebakpicung, kecamatan Cibeber, kabupaten Lebak.

Photo by @Juliana Yusuf

Suasana di curug ini sangat sejuk dan lebih terkesan dingin, suhu airnya saja selalu stabil di angka kurang dari 15 derajat Celcius.

Kesejukan suasana di curug ini semakin terasa berkat rindang dan tingginya pepohonan di sekitarnya. Menurut cerita, ciporolak sendiri berasal dari kata “ngaborolak” yang berarti berjatuhan atau reruntuhan. Ini mengacu pada batu-batu kecil/krikil yang sering jatuh dari atas tebing terbawa arus air yang deras.

Jadi, berati-hatilah saat Kamu hendak mandi di bawah air terjun ya.

6. Curug Kumpay

Curug Kumpay merupakan salah satu air terjun tercantik di Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Curug ini berada di atas gunung dalam hutan sehingga jika Kamu mau ke sana sebaiknya menyewa guide warga sekitar agar tidak tersesat.

Curug ini terkenal dengan cerita mistisnya yang juga katanya sering dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual tertentu.

Konon setiap ada sampah tergeletak di lokasi, besoknya benda-benda tak berguna tersebut hilang dengan sendirinya. Dan itulah yang mungkin menyebabkan tempat ini selalu bersih.

7. Gua Lalay

Gua ini menjadi salah satu goa paling recommended di kabupaten Lebak. Gua lalay ini berada di desa Sawarna, lebih tepatnya berada di kampung Cipanas.

Saat akan menyusuri gua, Kamu akan diajak menyeberangi sungai bawah tanah. Sehingga satu-satunya cara untuk menyusuri gua ini adalah dengan melewati sungai tersebut.

Jarak ter-aman yang disarankan oleh pemandu setempat adalah sekitar 150-250 meter dari mulut gua.

8. Kampung Baduy

Ini adalah salah satu wisata pelestarian terhadap budaya setempat. Di tempat ini Kamu akan belajar bagaimana sebuah suku mampu mempertahankan adat istiadat nenek moyang tanpa tergiur arus modernisasi.

Suku Baduy sendiri terbagi menjadi beberapa golongan, untuk tujuan wisata, umumnya pengunjung akan diarahkan untuk mengunjungi Suku Baduy Luar.

Suku ini dikenal sudah biasa berinteraksi dengan dunia luar dan lebih terbuka dengan kedatangan orang asing.

Yang jelas, disarankan sekali untuk menggunakan pemandu saat berkunjung ke Kampung Suku Baduy.

Pasalnya banyak aturan hukum adat yang berlaku di sana, jadi demi menjaga keharmonisan dan rasa saling menghormati tidak ada salahnya Kamu menyewa guide kan?

Semoga ulasan tentang 8 tempat wisata di Lebak Banten ini bisa bermanfaat untuk Kamu yang akan berakhir pekan. Jangan lupa tinggalkan komentar ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *