Taman Mangrove Morosari Demak merupakan salah satu wisata alam di kota wali yang sudah cukup lama dibuka untuk umum lho. Meski lokasinya berada di tengah laut, namun tidak sedikitpun membuat tempat ini sepi dari pengunjung.

Sebaliknya, antusiasme wisatawan untuk datang ke sini justru terbilang cukup tinggi. Hmm kenapa ya?

Soal akses jalan, tidak mudah memang jalan menuju taman wisata taman mangrove morosari ini. Sebab, pengunjung harus melewati jalan sempit dan ekstrem. Meski begitu, pengunjung tidak perlu khawatir karena semua akan terbayar lunas dengan keindahan wisata Demak yang satu ini.

taman mangrove morosari demak .jpg2.jpg.jpg.jpg
Photo by @el marthony

Konon sebelum jadi lokasi wisata, tempat ini dulunya adalah sebuah pulau kecil yang dihuni oleh beberapa warga dusun Morosari. Naas, sekitar tahun 2009 terjadi abrasi yang menenggelamkan beberapa bangunan di pulau kecil ini.

Kini, satu-satunya bangunan yang tersisa hanyalah sebuah masjid tua yang tetap kokoh meski dulunya sempat terendam air.

Singkat cerita, setelah beberapa tahun kemudian, tempat ini akhirnya dibuka dan diresmikan sebagai tempat wisata. Penasaran apa saja informasi penting soal Hutan Mangrove Morosari Demak ini? Silahkan lanjutkan membaca ya.

Baca Juga:
Kebun Teh Rancabali Ciwidey Suguhkan Kesejukan Pagi di Sisi Selatan Kota Bandung

Rute Menuju Lokasi Taman Mangrove Morosari Sayung Demak

Informasi pertama yang akan kita bahas adalah soal alamat dan rute perjalanan menuju lokasi wisata.

Alamat Wisata Taman Mangrove Morosari ini berada di dusun Morosari, desa Bedono, kecamatan Sayung, kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Lokasinya tidak bergitu jauh dari Jalan raya Semarang-Demak. Ambil saja rute menuju Pantai Morosari, Anda akan menemukan gapura besar bertuliskan “Selamat Datang di Pantai Morosari”. Terus lanjutkan saja masuk ke arah pantai.

Setelah masuk ke arah pantai sejauh kurang lebih 1 km-an, lihat di sebelah kanan jalan. Ada jembatan besar, kamu ambil lurus saja sekitar 300 meteran lalu belok kiri. Anda sudah sampai di dekat area Lokasi Wisata Taman Mangrove Morosari. Lokasi tepat dan pintu masuknya bisa Anda tanyakan ke warga setempat.

Lihat peta:

Harga Tiket Masuk Taman Mangrove Morosari

Sejak dibuka untuk khalayak umum, tujuan utama dari wisata ini bukanlah untuk meraup untung besar. Namun, lebih kepada memberikan wisata edukasi pada pengunjung untuk mengeksplorasi lebih jauh tentang sejarah tempat ini.

Tidak heran jika untuk bisa masuk di area wisata ini, pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi per-orangan yang mahal. Hanya diminta untuk membayar jasa penataan dan penjagaan kendaraan alias parkir saja, sebesar Rp 2.000.

Loket wisata ini melayani pengunjung mulai pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Akses masuknya dibuka setiap hari. Tidak hanya melihat view cantik, pengunjung juga bisa sekaligus berwisata religi karena di lokasi yang sama ada makam Syekh Abdullah Mudzakir.

Fasilitas Wisata di Hutan Mangrove Morosari Kabupaten Demak

Banyak orang mengeluhkan jalan menuju lokasi yang kurang terjangkau sebab harus melewati jalan terjal dan ekstrem. Meski demikian, suguhan pemandangan apik dengan warna khas dedaunan bakau dijamin akan bisa mengubah stigma buruk itu.

Di lokasi wisata, kamu akan menjumpai beberapa fasilitas yang bisa dicoba. Diantaranya adalah permainan air dalam bentuk perahu yang siap mengantarmu berkeliling hutan.

Bahkan saat kamu baru saja sampai di lokasi pun bisa langsung menyewa kapal ke nelayan dengan biaya sekitar Rp 50-70 ribu. Lumayan kan masuk ke hutan sembari naik perahu bersama orang sahabat?

taman mangrove morosari demak @laksmi mini
Photo by @laksmi mini

Selain kapal angkut, ada juga perahu jenis kano yang bisa kamu sewa untuk bermain air di sekitar area wisata. Di pinggiran lokasi ada Resto Terapung namanya, yang bisa jadi wisata kuliner terbaik saat kamu lapar dan haus. Ada juga warung Soponyono yang siap memanjakan lidah Anda dengan masakan olahan laut: “brayo”.

Spot Wisata di Taman Mangrove Morosari Demak Jawa Tengah

Selain menyuguhkan view yang keren, tempat wisata Demak yang satu ini juga menyajikan beberapa spot wisata unik, diantaranya:

1. Jembatan kayu artistik

Jika kamu berpindah dari satu titik ke titik lain di area wisata, kamu pasti sedang berjalan di atas jembatan kayu. Lantai kayu yang kuat dan bermotif unik ini biasanya jadi background favorit untuk selfi dan bersantai.

Jadi saat kamu kesini jangan lewatkan untuk duduk santai dan berfoto ya. Dengan latar tumbuhan bakau yang rindang dan hijau, dijamin hasil jepretannya akan nampak kece abis.

2. Gazebo kayu

Setelah kamu merasa lelah berkeliling, kamu bisa beristirahat di gazebo kayu yang suah tersedia di beberapa titik. Jika beruntung, kamu akan melihat kawanan bangau putih dari gazebo.

taman mangrove morosari demak @heru prasetyo utomo.jpg2.jpg.jpg
Photo by @heru prasetyo utomo

Kawanan burung bangau memang jadi pemandangan unik dari hutan mangrove ini. Jadi saat liburan disan jangan lewatkan kesempatan langka yang satu ini ya.

3. Boat dan kano

Di lokasi wisata, kamu bisa menyewa kapal atau kano untuk berkeliling di sepanjang rawa hutan mangrove. Dijamin, kamu akan merasakan sensasi keindahan wisata demak yang lain dari pada yang lain.

Jadi, kapan Anda mau liburan ke Taman Mangrove Morosari Demak? Ditunggu ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *