Pantai Morosari Demak yang ada di Sayung ini menawarkan eloknya pemandangan lepas pantai khas pesisir utara. Selain view lautnya yang tenang dan menggugah semangat, lokasinya juga dekat dengan tempat wisata religi, makam Syekh Abdullah Mudzakir.

pantai morosari demak @haris budi handoko
Photo by @haris budi handoko

Wisata Pantai Morosari ini dibuka sejak Januari 2006. Hingga saat ini tercatat pantai ini telah dikunjungi oleh puluhan ribu wisatawan baik lokal maupun luar kota.

So, jika kamu kesana mungkin bisa jadi orang yang ke sekian ribu kali ya. hee

Harga Tiket Masuk Pantai Morosari Sayung Demak

Pantai ini sudah cukup terkenal bahkan tidak hanya untuk masayarakat Demak saja namun hingga luar daerah. Wisata pantai Demak yang satu ini mulai dibuka loket masuknya pada pukul 07.00 hingga 17.30 WIB.

Harga tiket masuk Pantai Morosari makam Demak sangat murah dan terjangkau. Hanya dengan Rp 5.000 saja kamu sudah bisa masuk dan menikmati eksotisme wisata pantai Demak ini.

Jika kamu ingin menikmati wahana tambahan seperti permainan air maka kamu perlu membayar biaya sewanya secara terpisah. Sekitar 30 sampai 50 ribu rupiah.

Rute Menuju Lokasi Pantai Morosari Demak

Alamat Wisata Pantai Morosari berada di Jalan Semarang – Demak Km.9, Morosari, Bedono, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Untuk mempermudah perjalanan kesana, tempuhlah perjalanan hingga sampai di jembatan Saung. Jembatan ini bisa menjadi pathokan kamu untuk menemukan rute menuju lokasi tepatnya.

pantai morosari demak @dhaz
Photo by @d haz

Kurang lebih 4 kilo meter -an dari jembatan Sayung, kamu akan sudah sampai di lokasi wisata Pantai Morosari.

Tidak perlu khawatir, jalan menuju pantai ini sudah dicor sehingga tidak akan terlalu menyusahkan akses lewat kendaraan kamu.

Namun meski akses ke jalan utama sudah cukup halus, masih ada saja beberapa jalan yang masih bergelombang. Tepatnya di sepanjang jalan pintu masuk mendekati area parkir bibir pantai.

Cukup hati-hati dan nikmati perjalanan maka kamu akan sampai dengan selamat dan penuh sampai di lokasi dengan gembira.

Lihat Peta:

Fasilitas di pantai Morosari Sayung Demak

Pantai yang menjadi salah satu andalan kabupaten Demak ini tidak hanya menawarkan keindahannya saja. Lebih dari itu, kamu bisa menikmati beragam fasilitas wisata yang disuguhkan.

Untuk kamu yang suka dengan permainan air, di sini tersedia wahana permainan air yang bisa disewa. Jenis permainan air berupa kapal kanoe, banana boat, kapal naga dan lain-lain bisa dicoba.

Tarif yang dipasang untuk bisa menikmati masing-masing wahana juga berbeda-beda. Kamu bisa bertanya dan sesuaikan saja dengan keinginan.

Selain permainan, ada juga restoran yang dinamai restoran Terapung. Dijamin, restoran ini akan mampu mengobati rasa lapar dan haus kamu. Soal harga, tidak perlu khawatir karena dijamin terjangkau.

Aneka masakan hewan laut bisa kamu nikmati di restoran ini. Servis restoran mulai beroperasi melayani pelanggan mulai pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Meski berwisata artinya kamu akan bersenang-senang namun bukan berarti kamu lepas dari tanggung jawab ibadah kan? Untuk kamu yang muslim, di sini kamu bisa menunaikan kewajibanmu untuk shalat sebab tersedia mushola yang nyaman.

Soal kamar mandi dan kebutuhan cuci mencuci, tersedia toilet dan kakus yang representatif. Semua kebutuhanmu selama liburan disana pasti terpenuhi.

Baca Juga: Tempat Wisata di Bantul Murah tapi Bagus yang Wajib Dikunjungi!

Spot Wisata yang Anti-Mainstream

Di pantai Morosari, kamu bisa melakukan banyak hal, sebab di sini terdapat beberapa spot wisata yang bisa dicoba. Berikut ini beberapa spot menarik di Pantai Morosari Sayung Demak.

1. View Pantai Eksotis

Hal utama yang menjadi daya tarik pantai ini adalah karena pemandangannya yang keren. Di sini kamu bisa memuaskan diri dengan berfoto ria sembari menikmati sunset dan semilir angin yang membelai rambut.

Di bagian depan terdapat plang wisata yang bisa untuk latar foto dan serta gazebo untuk duduk santai. Jadi jangan sampai lupa untuk mengabadikan keindahan suasana pinggir pantai dengan kamera canggihmu ya.

2. Hutan/Taman Mangrove

Meski secara teritori sudah terpisah dari pintu masuk pantainya namun hutan mangrove ini boleh & bisa diakses dari pantai. Dengan menggunakan kapal, kamu bisa menjangkau hutan mangrove dengan mudah.

Kalau mau, kamu harus membayar ojek perahu sebesar Rp 15.000 per orang. Butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke hutan lho ya. Sembari menunggu sampai, kamu bisa berfoto ria menyaksikan keindahan laut dan alam yang eksotis.

pantai morosari demak @isbah ruddin
Photo by @khoirul zaki

Di tempat ini, kamu bisa menyaksikan keindahan tumbuhan bakau yang tumbuh rindang. Tidak jarang hewan-hewan cantik seperti burung bangau sering terlihat di sekitar sini. Lumayan kan jika kamu piawai memotret alam bisa beruntung nih mendapat momen langka melihat burung bangau terbang.

3. Wisata Religi

Jika kamu ke taman mangrove, sebenarnya otomatis kamu juga sekaligus dibawa ke lokasi makam Syeh Abdullah Mudzakir. Kamu bisa sekalian berwisata religi mengenang perjuangan syekh saat menyebarkan agama. Lokasinya sendiri sudah cukup dekat dari taman.

Makam ini sudah cukup lama dibangun dan sudah biasa menjadi wisata religi para pengunjung. Untuk mencapai makam kamu bisa meneruskan perjalanan lurus mengikuti track jembatan kayu di taman mangrove.

Yang harus diingat saat berada di hutan mangrove ini adalah kamu harus taat pada aturan. Jangan memotret makam dan jangan bergandengan tangan jika kamu bersama kekasih alias pacar. Menurut penjaga wisata, ini semua demi menghormati Syekh Abdullah Mudzakir.

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang pantai Morosari Demak di Sayung. Salah satu destinasi wisata pantai Demak yang eksotis untuk dikunjungi bukan? Selamat liburan!

Nah, itu dia sedikit ulasan tentang pantai Morosari Demak Sayung. Salah satu destinasi wisata pantai Demak yang eksotis untuk dikunjungi bukan? Selamat liburan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *