Meski liburan adalah momen untuk melakukan berbagai aktivitas menyenangkan, namun tidak dipungkiri bahwa pasti tetap butuh biaya bukan? Besar kecilnya biaya yang diperlukan mungkin bukan sebuah masalah bagi sebagian orang namun bisa jadi sebaliknya bagi sebagian yang lain. Intinya, menghemat budget saat liburan itu penting.

Merencanakan liburan bersama orang-orang tercinta akan sangat spesial jika dilakukan dengan perencanaan yang tepat. Berkaitan dengan budgeting, penting untuk dipikirkan bagaimana perencanaan penganggaran khusus untuk liburan kalian. Soal dimana jatah liburan akan kamu habiskan sampai mau ngapain aja disana, fix penting banget untuk diplanning.

6 Tips Menghemat Budget Saat Liburan

Yang namanya liburan tentu adalah untuk bersenang-senang. Namun bukan berarti kamu bebas menghabiskan isi dompet tanpa kontrol.

Untuk menghemat pengeluaran saat liburan, kamu bisa mempraktekkan hal-hal berikut.

1. Cek semua perlengkapan yang akan kamu bawa di hari H

Liburan adalah momen dimana kamu akan menghabiskan waktu lebih banyak untuk bersenang-senang bersama sahabat atau sanak famili. Oleh karenanya penting untuk merencanakan packing barang-barang yang mau dibawa.

menghemat budget saat liburan.jpg2.jpg

Sebab, jika mengabaikan hal ini, alih-alih penatnya pikiran menghilang justru malah dibuat pusing dengan barang-barang penting yang luput tak terbawa.

Pastikan peralatan dan logistik yang penting seperti obat-obatan, pakaian ganti, gadget dan chargernya tidak ketinggalan. Jika berlibur dengan keluarga dengan balita, pastikan bawa popok dan pampers serta alat mandi.

Hal-hal yang meskipun terlihat sepele semacam itu sangatlah penting guna meminimalisir biaya liburanmu membengkak. Tidak terbayang bukan jika kamu berlibur tapi lupa bawa peralatan penting tersebut dan harus beli di sekitar lokasi wisata? Mending jangan ya.

2. Googling lokasi wisata tujuan

Di Zaman yang serba canggih ini kita sudah dimudahkan dalam mengakses informasi apapun via smartphone. Manfaatkan gadgetmu untuk mencari informasi seputar destinasi wisata yang hendak dituju.

Carilah informasi detail tentang harga tiket masuk dan tarif wahana yang ada akan membuat rencana pengeluaran untuk liburan kamu lebih terukur. Lakukan hal yang sama pada setiap destinasi wisata yang akan kamu kunjungi jika akan menghabiskan waktu liburan di banyak tempat.

3. Prioritaskan berkunjung ke lokasi wisata yang baru dibuka

Misi menghemat budget saat liburan selanjutnya ialah dengan memilih lokasi wisata yang baru dibuka untuk umum.

Tempat wisata yang belum lama dibuka atau diresmikan biasanya akan memberikan penawaran tarif masuk yang lebih murah. Demi misi penghematan, kamu bisa memprioritaskan tempat wisata baru sebagai tujuan liburan.

menghemat budget saat liburan.jpg2.jpg

Ya meskipun wahana yang ada mungkin terbatas namun tidak ada salahnya jika budget liburan kamu nipis.

4. Rencanakan perjalanan sore/malam

Jika kamu sekeluarga berencana liburan ke luar kota atau ke luar negeri, rencanakanlah jam mulai perjalanan pada sore atau malam hari.

Jika kamu sudah on the way saat sore/malam hari, kamu otomatis akan menghemat biaya setidaknya nol rupiah untuk biaya penginapan kan?

Baca juga:
10 Tips Liburan Keluarga Tanpa Nguras Dompet, 100 % Penting

5. Bersantaplah di warung emperan | tahan keinginan menginap di hotel berbintang

Untuk kamu yang sudah merencanakan liburan jauh-jauh hari mungkin sudah menyiapkan budget ekstra selama momen liburan. Namun, bagi kamu yang memiliki budget pas-pasan dan datang dengan misi berhemat maka cobalah untuk tetap low profile.

menghemat budget saat liburan.jpg2.jpg

Makanlah di rumah makan lokal atau emperan. Hindari makan di restoran mahal yang bisa mempercepat dompet tipis. Selain itu, tahanlah gengsi untuk tidak menginap di hotel berbintang utamanya hotel yang berlokasi di sekitar area wisata. Sebaiknya, pilihlah penginapan yang harganya terjangkau.

6. Jika tidak terpaksa, hindari membeli cendera mata/souvenir

Menjadi suatu hal yang lumrah bagi mayoritas orang jika sepulang liburan pasti membeli oleh-oleh. Nah, untuk kamu yang sedang berhemat lebih baik hindarilah membeli souvenir di sekitar lokasi wisata. Hal ini karena harganya yang jelas akan lebih mahal.

Namun jika kamu terpaksa untuk membeli souvenir untuk seseorang di rumah misalnya, sebaiknya pilihlah souvenir dan tempat belinya yang negosiabel. Semoga dengan begitu uang kamu tidak akan cepat habis.

Demikian artikel tentang 6 tips menghemat budget saat liburan. Semoga bisa menjadi referensi terbaik kamu dalam rangka mewujudkan misi penghematan saat travelling. Danke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *