Kawah Rengganis Ciwidey Bandung menjadi salah satu wisata favorit di Bandung, Jawa Barat. Keberadaannya mampu menyedot perhatian wisatawan lantaran menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis dan tidak biasa.

Tidak hanya itu, pengunjung juga bisa menikmati beberapa aktivitas menarik seperti berfoto atau sekalian berendam di air belerang yang hangat. Soal akses jalan, Kamu tidak perlu khawatir karena kendaraan pribadi ataupun umum bisa menjangkau lokasi dengan mudah.

kawah rengganis ciwidey bandung
Photo by @Anjas Suhendra

Wisata Kawah Rengganis Ciwidey Bandung atau yang dikenal juga dengan kawah Cibuni ini berada di tengah perkebunan teh. Menurut sejarah, terbentuknya kawah ini adalah akibat dari letusan Gunung Sunda Purba yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Kini, kawah tersebut telah dibuka sebagai lokasi wisata dengan tambahan wahana seperti wisata pada umumnya.

Penasaran seperti apa profil dan gambaran lengkap tentang wisata alam Kawah Rengganis ini? Simak ulasannya berikut ini.

Harga Tiket Masuk Kawah Rengganis Ciwidey Bandung

Jika Kamu sedang mencari destinasi wisata yang murah tapi instagrammable di Bandung, kawah Rengganis bisa jadi ada di urutan pertama. Harga tiket masuk kawah Rengganis cukup murah dan terjangkau. Kamu hanya cukup membayar dengan biaya Rp 20.000 saja maka Kamu sudah bisa menikmati setiap wahana yang ada.

Biaya ini berlaku hanya jika Kamu membeli tiket secara terpisah di pintu masuk khusus kawah Rengganis. Sementara jika sekaligus membeli tiket terusan di Glamping Lakeside Rancabali harganya akan lebih murah.

Baca juga: Tempat Wisata di Pusat Kota Jogja yang Murah Meriah

Rute Menuju Lokasi

Sebenarnya nama Kawah Rengganis ini adalah nama ubahan yang sebelumnya bernama Kawah Cibuni. Menurut cerita, perubahan nama ini terjadi setelah pengelolaannya diambil alih oleh pihak Agrowisata Rancabali.

Alamat wisata kawah Rengganis atau kawah Cibuni ini berada di Desa Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Untuk rute menuju lokasi sangatlah mudah. Jika Kamu datang dari mana saja, arahkan kendaraan Kamu menuju Ciwidey. Kawah ini berada di tengah perkebunan teh milik PT Perkebunan Nusantara VIII.

Alhasil selain berwisata kawah, Kamu juga secara otomatis akan menjumpai hamparan perkebunan teh yang memanjakan mata.

Secara geografis wisata, kawah Rengganis masih berada di kawasaan Glamping Lakeside Rancabali, Situ Patenggeng. Jika ingin menempuh jalan menuju kawah rengganis dengan kendaraan roda empat, Kamu akan sampai di Situ Patenggeng. Selanjutnya, Kamu tinggal melihat papan arah menuju kawah Rengganis yang jaraknya sekitar 2,5 kilo meteran.

Sebelum menuju kawah, Kamu akan sampai di parkir Cibuni. Ini merupakan tempat parkir umum untuk pengunjung wisata Glamping Lakeside. Kamu bisa memilih parkir disana atau melanjutkan perjalanan ke kawah Rengganis.

Jika ingin terus ke kawah Rengganis Kamu akan menyusuri jalan kurang lebih 5 menit dan akan semakin dekat dengan kawah.

Selanjutnya, Kamu bisa menjangkau lokasi wisata dengan berjalan kaki melewati kampung Cibuni sekitar. Sesampainya disana Kamu akan disuguhkan jajaran pepohoan yang hijau dan rindang.

Fasilitas Wisata

Jika Kamu jadi berwisata ke Kawah Rengganis, Kamu akan menemukan sensasi berwisata alam yang beda dari biasanya, dijamin. Disana Kamu bisa melakukan banyak hal mulai dari sekedar berjalan-jalan dan berswafoto sampai dengan mandi hangat air belerang.

kawah rengganis ciwidey bandung

Hijau dan asrinya perkebunan teh yang menghampar di sepanjang jalan menuju lokasi bisa Kamu nikmati dengan khusyu’. Hijaunya pepohonan di kanan kiri perbukitan akan membuat Kamu semakin betah berlama-lama di sana.

Selain itu, untuk Kamu yang berkunjung memang berniat untuk mandi, Kamu pun bisa menunaikannya dengan bebas di sana. Hangatnya air belerang yang mengalir dari pancuran bisa menjadi salah satu terapi dari kepenatan aktivitas harian Kamu.

Air alami berlerang ini dipercaya mampu mengobati segala macam penyakit kulit. Kamu bisa menikmati fasilitas mandi air panas langsung dari pancuran atau bisa juga di kolam. Jadi jangan lupa bawa baju atau celana pendek saat ke sana ya.

Saat Kamu merasa lapar setelah beraktivitas, Kamu bisa sempatkan ke warung makan di sekitar lokasi wisata. Tersedia berbagai macam makanan dan minuman mulai dari gorenagan, mie instant, nasi sayur dan kopi.

Jika Kamu ingin menjalankan aktivitas ibadah, di sini tersedia juga musholla yang bisa dipakai oleh seluruh pengunjung. Jadi soal ibadah, Kamu tidak perlu khawatir karena Kamu tetap bisa berwisata dengan damai tanpa harus meninggalkan kewajiban Kamu.

Spot Wisata di Kawah Rengganis Ciwidey Bandung

Di lokasi wisata, Kamu bisa melakukan banyak aktivitas menyenangkan. Berikut ini setidaknya spot unik yang ada di kawasan wisata kawah Rengganis.

1. Pancuran Air Panas

Di kawah Rengganis, satu hal yang paling mungkin bisa dilakukan di sana adalah berendam air belerang hangat. Air belerang tersebut merupakan dampak dari kawah gunung Sunda Purba yang meletus sejak jutaan tahun silam.

kawah rengganis ciwidey bandung @ihsan marga
Photo by @ihsan marga

Air hangatnya yang mengandung senyawa sulfur ini cocok untuk Kamu yang memiliki penyakit kulit. Banyak orang merekomendasikan penderita sakit kulit untuk mandi di sini sebab air belerang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Di spot pancurannya, Kamu bisa mandi dan berendam sepuasnya. Suasana sejuk dari hijau dan rindangnya pepohonan di sekitar lokasi wisata akan membuat Kamu semakin rileks.

Datanglah ke sini pagi-pagi dan nikmati sensasi mandi air belerang yang hangat di pancuran. Dijamin waktu liburan Kamu akan terasa berbeda dari biasanya.

2. Kolam rendam bentuk hati

Di atas pancuran, ada kolam renang yang cukup luas berbentuk hati. Kamu bisa berendam di kolam ini sepuasnya.

Jangan lupa membawa baju ganti atau celana untuk basah-nbasah saat berkunjung ke kawah Rengganis ini. Setelah berbasah-basahan, selanjutnya Kamu bisa bilas dan ganti pakaian di kamar mandi yang tersedia di pingggiran.

3. Jembatan penyeberangan

Untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya di sekitar lokasi wisata, Kamu bisa menyeberang melalui jembatan kayu. Jembatan ini bisa Kamu manfaatkan untuk sekedar lewat atau sambil berswafoto ria.

Jembatan-jembatan ini sengaja dibuat sebagai jembatan penyeberangan di atas aliran air belerang.

Tidak hanya bahannya yang terbuat dari kayu namun juga bentuknya yang terlihat nilai seninya. Jika Kamu menyempatkan diri ke sana jangan sampai kelewatan berfoto di jembatan penyeberangan ini ya.

4. Batu berasap

Spot terakhir yang ada di kawah Rengganis adalah batu berasap. Terbentuk dari hasil letusan gunung Sunda Purba jutaan tahun silam, membuat batu-batu tersebut mengeluarkan asap.

Di sini, “kawanan” batu berasap ini menjadi salah satu daya tarik terfavoirt untuk jadi background foto. Banyak pengunjung mengabadikan momen liburan mereka di sana dengan berpose di atas batu.

Kamu yang berkunjung ke sana jangan sampai lewatkan kesempatan berfoto dengan latar asap putih tebal dari balik batu kapur ini.

Selain spot-spot foto tersebut di atas, ada juga titik -tik tertentu di sekitar lokasi wisata yang sering digunakan untuk berfoto. Jika Kamu berkunjung kesana, jangan lupa untuk singgah dan menikmati suasana di empat spot tersebut ya.

Semoga artikel singkat tentang wisata Kawah Rengganis Ciwidey Bandung ini bisa menjadi referensi perjalanan Kamu selanjutnya. Selamat berlibur!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *