Mau ngomongin soal mandi yang baik dan sehat? Duh mandi emang ada aturannya ya? Emang ada mandi yang baik?

Gimana jawabnya ya, mandi itu memang rutinitas gaes tapi tetap masuk dalam prioritas hidup harian kamu kan? Tidak sedikit yang berasumsi bahwa mandi seperti biasa pun tetap membuat tubuh menjadi bersih dan sehat, that’s right.

Namun tahukah kamu bahwa mandi yang baik dan benar akan lebih menjamin kesehatan dan kebugaran tubuh kamu terjaga.

Tips seputar mandi yang baik yang harus Kamu ketahui

Cara mandi yang baik dan benar perlu dimulai dari sekarang. Yaitu tentang bagaimana kamu membiasakan diri mengatur pola dan jadwal mandi yang benar setiap hari.

Kapan seharusnya kamu mandi, kapan harus mengganti peralatan mandi yang habis atau rusak, dan sebagainya. Seperti misalnya kamu perlu mandi sepulang kerja sampai malam hari, berkeringat saat jogging, atau melakukan aktivitas ringan lainnya.

Kamu mungkin pernah bertanya-tanya mandi malam yang bagus jam berapa sih? Atau baik gak sih mandi malam-malam, waktu-waktu mandi yang dilarang itu kapan saja, dan sebagainya, pernah?

Sebetulnya, mandi yang baik dan sehat tergantung bagaimana kamu melakukan rutinitas itu. Berikut ini tips-tips agar mandi mu tidak sekedar “yang penting basah” tapi bersih dan sehat.

1. Batasi durasi waktu mandi kamu

mandi yang baik
jangan mandi lama-lama

Pernah dengar pepatah bilang gini kan:” sesuatu yang berlebihan it tidak baik”? Ya, pepatah ini juga berlaku untuk rutinitas mandi lho gaes.

Meskipun perkara mandi merupakan aktivitas wajib harian untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Namun apa jadinya jika kamu justru malah menghabiskan waktu kamu hingga berjam -jam di kamar mandi.

Perlu kamu tahu bahwa mandi yang terlalu lama hanya akan membuat kulitmu kering dan pudar. Kulit tubuhmu lama-kelamaan akan ketergantungan kelembaban air dan aktivitas kamu yang lain bisa jadi bakal terganggu karena kebiasaanmu yang satu ini.

Oleh karenanya, sebaiknya batasilah waktu mandi kamu agar tidak lebih dari 15 menit. Sebab selain membuang-buang air alias boros, tubuh kamu juga bakal kedinginan hebat akibat terlalu lama tersiram air. Jadi biasakan menghabiskan waktu mandi secukupnya saja ya.

Mandilah minimal dua kali sehari dengan durasi waktu yang tidak perlu terlalu lama. Cukup 5-15 menit saja berada di kamar mandi agar esensi kesegaran tubuhmu benar-benar terasa tanpa berefek kesehatan yang lain.

Baca juga: Tips Melipat Pakaian yang Benar, Simpel dan Rapi Hanya 3 detik

2. Hindari mandi dengan air yang terlalu panas.

mandi yang baik
mandinya pake air setengah anget aja

Kebiasaan mandi dengan air hangat atau campuran air panas bisa jadi baik bisa jadi tidak. Meski bukan sebuah pantangan kesehatan namun membiasakan diri mandi dengan air panas hanya akan merepotkanmu nantinya. Bisa jadi kamu tidak mau mandi pake air dingin kan?

Terlalu sering mandi dengan air yang hangat, panas, atau bahkan terlalu panas hanya akan membuat kulit kamu berpotensi untuk menjadi pecah-pecah dan kering.

So, jika kamu tidak kuat dengan dinginnya air saat mandi pagi atau malam misalnya kamu tetap bisa menambahkan air panas sebagai campurannya namun tetap dibatasi dan jangan terlalu sering, ya.

3. Gunakan sabun yang lembut dan shampoo yang cocok untuk rambut kamu

mandi yang baik
pake sabun yang cocok ya

Kebanyakan kita memilih sabun hanya karena aroma wanginya saja. Kamu juga kah? Saya gak tahu.

Tapi jarang yang mengetahui bahwa memilih sabun yang baik itu tidak hanya dilihat dari aromanya saja. Kandungan pH yang dimiliki juga mestinya diperhatikan. Pilihlah sabun dengan pH yang seimbang sehingga tidak membuat kulit kamu kering.

Kalau kamu kesulitan menerka mana sabun dengan kandungan pH bagus bisa kamu lihat di bagian bungkusnya.

Selain sabun, memilih shampoo yang pas untuk rambutmu. Rambut yang cenderung ikal dan kaku bisa mencarai shampoo dengan kandungan air tinggi.

Untuk rambut lembut bisa memilih shampoo sesuai dengan keinginan. Bisa juga dengan menambahkan kondisioner untuk menjamin kelembutan rambut kamu lebih baik.

4. Pilihlah handuk yang lembut dan tebal

mandi yang baik
pake anduk yang tebel

Setelah selesai mandi tentu badan kamu akan cukup basah untuk langsung dikenakkan pakaian kan? Oleh karenanya kita perlu handuk untuk mengeringkannya.

Dalam memilih handuk yang baik perhatikan karakter bahan yang digunakan. Akan lebih baik jika kamu memilih handuk yang bahannya halus dan tebal. Hal itu agar pada saat dipakai dapat mempercepat keringnya tubuh kamu.

Badan yang kering sempurna setelah mandi bisa mengurangi bau badan kamu lho. Jadi jangan malas buat memakai handuk sampai tuntas ya.

Investasikan untuk membeli handuk yang tebal dan halus. Meskipun handuk yang tebal dan halus harganya lebih mahal namun akan sangat bermanfaat saat dipakai setelah mandi.

5. Hindari membiasakan diri mandi pada malam hari

mandi yang baik
jangan biasakan mandi malem

Mungkin kamu adalah orang yang sangat sibuk. Kamu baru pulang dari tempat kerja sore menjelang malam. Dan kamu belum mandi lalu kamu membiasakan diri mandi sepulang kerja.

Mandi di malam hari bukan hal yang buruk ya, tapi cuacanya sangat dingin akan bisa membuat tubuh kamu kehilangan keseimbangan suhu tubuh lho. Alangkah baiknya kamu mandi pada pagi dan sore hari. Dan kurangi mandi malam-malam.

Jika terpaksa harus mandi pada malam hari karena badan kotor selepas beraktivitas seharian, sebaiknya cukup mandi ringan saja dengan air yang tidak terlalu dingin dan juga tidak terlalu panas.

Sebab mandi dengan air yang terlalu dingin/panas saat malam hari berpotensi besar akan merusak kulit tubuh kamu.

Saya kira itu sedikit bocoran tentang tips mandi yang baik dan sehat. Semoga bisa kamu praktekkan ya biar kesehatan kamu terus terjaga dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *