Kalo kamu orang Gombong tentu sudah tahu dong benteng van der wijck? Seperti kita tahu keberadaan benteng Van der Wijck sudah banyak dibicarakan orang. Situs bersejarah yang saat ini sebagai salah satu tempat wisata populer di gombong, Kebumen ini memiliki beragam cerita dan sejarah yang unik untuk dikaji.

Lokasinya yang berada di pusat kota Gombong menjadikannya sebagai destinasi wisata terfavorit di kabupaten Kebumen.

Titik sentral lokasi wisata Benteng Van der Wijck ini bisa dijangkau dengan berkendara mobil atau motor sekitar 20 km dari pusat kota kebumen, dan sekitar 100 km dari kota Yogyakarta.

Setelah sampai di Kota Gombong, kamu akan melihat papan biilboard yang mengarahkanmu pada jalan utama menuju lokasi wisata. Berbagai wahana wisata dapat kamu jumpai disana, mulai dari kolam renang hingga kereta atap yang menegangkan.

Sejarah Benteng Van der Wijck, ikon sejarah kota Gombong yang unforgettable

Benteng Van der wijck merupakan satu-satunya wisata sejarah di Indonesia yang memiliki bentuk bangunan segi 8,keren kan?

Konon, benteng ini dimanfaatkan oleh pemerintah Hindia Belanda untuk berlindung dari serangan musuh sehingga dibuatlah benteng besar. Bangunannya yang sudah cukup tua terus dirawat hingga sekarang. Bangunan yang berdiri di atas lahan seluas 2 hektar itu memiliki sarana prasarana wisata yang cukup banyak.

Nama Van der Wijck sendiri diambil dari nama panglima perang saat itu, Van Der Wijck. Berkat kepiawaiannya dalam memimpin dan mengatur strategi perang, panglima perang Van Der Wijck menjadi panglima tersohor saat itu. Dengan strategi pertahanan jitu saat menghadapi serangan musuh sang panglima berhasil memenangkan berbagai pertempuran.

Oleh karenanya lah setelah Van Der Wijck gugur dengan meninggalkan benteng yang kemudian dinamakan dengan Benteng van Der Wijck.

Misteri dan sejarah Benteng Van Der Wijck yang jarang diketahui

Dilihat dari tampilannya yang berupa lorong-lorong menyeramkan seringkali menjadi perhatian tersendiri untuk para pengunjung. Apakah benteng tersebut menyimpan misteri dan sesuatu cerita yang mistis?

Menurut informasi yang dihimpun oleh tim lungadolan.com, di dalam lokasi wisata benteng van Der Wijck terdapat ruang bawah tanah yang aksesnya tertutup untuk umum. Kabarnya ruang bawah tanah tersebut dulunya dipakai untuk mengurung para tawanan dari pihak musuh. Bahkan tidak sedikit yang disiksa hingga meninggal di ruangan.

Baca juga: Indahnya Sunrise Waduk Sempor Antara Mimpi dan Nyata

Harga Tiket Masuk Benteng Van Der Wijck

Sampai dengan bulan Oktober 2018 ini, harga tiket masuk lokasi wisata benteng van der Wijck masih sebesar Rp 25.000 per orang (dewasa), sementara untuk anak dibawah 6 tahun sebesar Rp 15.000/anak.

Setelah melewati pintu masuk, kamu bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia di area wisata benteng Van Der Wijck. Kereta atap bisa menjadi pilihan utama saat kamu berkunjung ke sa na.
Selain itu sebagai penutup, kamu bisa mencoba wahana kolam renang degan biaya terjangkau dan varian kedalaman kolam yang bermacam-macam.

Nah, itulah sekelumit ulasan tentang sejarah benteng Van Der Wijck yang bisa kami sampaikan. Insyaallah akan kami sambung pada kesempatan berikutnya. Selamat berlibur, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *