Tips dan Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Benar Agar Awet dan Tidak “Mogokan”

Merawat motor matic baik sistem karbu maupun injeksi tentu memerlukan perlakuan khusus yang berbeda. Meski secara umum, keduanya merupakan jenis motor yang sama yaitu mesin autimatic sehingga perawatannya pun sebenarnya relatif sama.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa motor matic injeksi tetap memerlukan perlakuan khusus pada beberapa sentuhan perawatannya.

Sebelum membahas tips merawat motor matic yang baik dan benar, terlebih dahulu akan kita gali alasan banyak orang lebih memilih menggunakan motor matic dibandingkan motor transmisi manual.

Kebanyakan orang memilih motor matic adalah karena dinilai lebih simpel dan mudah dioperasikan. Pengendara tidak perlu repot-repot mengoper gigi saat mengendarainya. Namun cukup dengan menarik gas dan mengkombinasikannya dengan kendali rem tangan, motor matic bisa langsung meluncur mulus.

6 Tips Jitu Merawat Motor Matic Injeksi yang Harus Kamu Ketahui

Meskipun penggunaan motor matic di Indonesia terbilang masif, namun pada kenyataannya tidak semua pengguna motor matic mengetahui cara terbaik merawat motor mereka.

Akibat kekurang pahaman tersebutlah yang menyebabkan banyak motor matic injeksi bolak-balik “berobat” ke bengkel.

Nah, berikut ini hal-hal yang harus kamu perhatikan agar motor matic injeksimu tetap awet.

1. Panaskan mesin motor pada pagi hari sebelum dibawa ke jalanan

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Panaskan mesin motormu dulu sebelum hangout ya-lungadolan.com

Memanaskan mesin motor matic sebelum dipakai berkendara saat pagi hari sangat dianjurkan. Terlebih lagi jika motor kamu menganggur/tidak terpakai dalam waktu hingga berhari-hari.

Lakukan upaya pemanasan mesin motor dengan menggenjot pedal starter pada posisi kunci off.

Setelah beberapa kali digenjot, putar kunci motor pada posisi on dan lanjutkan genjotan lalu biarkan mesin menyala selama 3 hingga 5 menit.

Hal tersebut dimaksudkan agar sebelum motor di bawa ke jalan, pelumas sudah siap untuk melumasi seluruh bagian mesin.

Tujuannya adalah membuat performa mesin motor matic kamu lebih maksimal.

Baca juga: 6 Hal Penting Merawat Mesin Cuci yang Benar, Nomor 4 Jangan Disepelekan

2. Ganti oli rutin setiap 2-3 bulan sekali

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Jangan lupa olinya diganti-lungadolan.com

Pentingnya penggantian oli pada sepeda motor matic injeksi sama halnya dengan sepeda motor jenis lainnya. Oli mesin dianjurkan untuk diganti setiap mencapai 1000 km pada angka di speedometer, sementara oli transmisi (oli gardan) bisa dilakukan penggantian setiap 5000 km.

Jika kamu kesulitan untuk memperhatikan jarak yang telah ditempuh dalam km pada speedometer, kamu juga bisa mengganti pathokan penggantian oli dengan hitungan bulan, yakni sekitar 2 sampai 3 bulan sekali.

3. Hindari potensi kehabisan bensin saat bepergian

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Jangan sampai kehabisan bensin di jalan-lungadolan.com

Hal yang cukup fatal bagi seorang pengguna kendaraan adalah kurang jeli dalam memeriksa kebutuhan bensin saat hendak bepergian. Jika kamu pernah mengalami momen kehabisan bensin pada motor/mobil non matic kamu, pastikan hal tersebut tidak terjadi pada motor matic injeksimu.

Kehabisan bensin pada motor matic injeksi terlebih terjadi berulang kali dapat berakibat fatal yakni terjadinya kerusakan pada mesin yang berakibat “turun mesin”.

Pastikan kamu selalu mengecek speedometer dan selalu perkirakan jarak tujuan dengan bensin yang tersisa. Sempatkan untuk mengutamakan menemukan pom bensin sebelum kehabisan.

Alangkah baiknya penuhi tangki bensin sebelum bepergian agar aman, nyaman dan tidak gelisah.

4. Periksa kondisi aki dan vanbelt

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Periksa vanbelt dan akinya-lungadolan.com

Periksalah aki dan vanbelt motor matic injeksi kamu secara berkala baik kamu lakukan sendiri atau minta bantuan teknisi. Jika kamu tidak ingin repot, pengecekan juga bisa disesuaikan dengan jadwal servis rutin motor kamu, yakni kurang lebih setiap 3 bulan sekali.

Jika aki dan vanbelt berpotensi untuk segera rusak dalam waktu dekat maka segeralah untuk menggantinya. Tentu kamu tidak mau kan aki motormu mati atau vanbelt-nya putus sewaktu masih dalam perjalanan?

5. Bekendaralah dengan akselerasi stabil

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Motorannya yang stabil aja-lungadolan.com

Bagi sebagian orang berkendara dengan kecepatan stagnan adalah hal yang membosankan dan terkesan monoton. Akan tetapi jika kamu adalah pengguna motor matic injeksi maka sebaiknya berkendaralah dengan kecepatan yang stabil saja.

Tujuannya, selain dapat membantu mengirit konsumsi bahan bakar, berkendara dengan kecepatan stabil juga dapat menunjang keawetan mesin motor maticmu.

6. Servis rutin secara berkala

merawat motor matic-lungadolan.com.jpg1.jpg
Agendakan servisnya-lungadolan.com

Tips terakhir dalam rangka merawat motor matic injeksi agar tetap awet adalah dengan melakukan servis rutin di bengkel yang terpercaya.

Dengan dilakukannya servis secara berkala tersebut maka bisa dipastikan kesehatan motor matic mu akan selalu terpantau. Sementara jika sewaktu-waktu terjadi masalah perbaikan yang urgent seperti kerusakan sparepart dan lain-lain dapat segera di tangani saat itu juga.

Mungkin itu dulu artikel tentang cara merawat motor matic injeksi yang benar dari kami. Semoga bermanfaat.

3 Replies to “Tips dan Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Benar Agar Awet dan Tidak “Mogokan””

  1. Nice post. I was checking constantly this blog and I’m impressed!

    Very useful info particularly the last part 🙂 I care for such info a lot.

    I was seeking this certain information for a very long time.

    Thank you and good luck.

Leave a Reply