Lungadolan

Situs Informasi Perjalanan dan Gaya Hidup

6 Hal Penting Merawat Mesin Cuci yang Benar, Nomor 4 Jangan Disepelekan

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

Merawat mesin cuci bukanlah sebuah pekerjaan gampang yang bisa dikerjakan sambil lalu, dan seharusnya juga bukan pekerjaan berat yang sampai menjadi beban buat kamu.

Mesin cuci sama halnya dengan piranti rumah tangga yang lain, perlu adanya perawatan guna memperpanjang jangka waktu pakainya. Oleh karenanya jika kamu abai soal perawatannya, jangan heran jika mesin cuci kamu bakal cepat “minta ganti”.

Tentang bagaimana merawat mesin cuci yang direkomendasikan akan jauh lebih bijak untuk kamu memahami buku manual mesin cuci sebagai pengetahuan dasar.

Sementara untuk selanjutnya tentang bagaimana kiat terbaik membuatnya awet, itulah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Tips Cerdas Merawat Mesin Cuci Agar Awet dan Tahan Lama

Ada beberapa jenis mesin cuci yang ada di pasaran saat ini, yakni mesin cuci otomatis dan mesin cuci manual. Lalu pertanyaannya adakah perbedaan cara perawatan dari keduanya?

Artikel ini setidaknya akan membahas secara luas tips mujarab merawat mesin cuci jenis apapun agar awet dan tahan lama, sebagai berikut.

1. Bersihkan ruang mesin cuci secara rutin dengan campuran air hangat dan cuka

 

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Perawatan bagian dalam mesin cuci menggunakan air hangat yang dicampur dengan cuka terbilang cukup efektif untuk menghilangkan sisa-sisa deterjen.

Bekas cucian seringkali menyisakan air deterjen yang bercampur dengan kotoran pakaian pada dinding dan sela-sela ruang mesin cuci. Oleh karenanya diperlukan formula pembersih yang ampuh untuk menghilangkan sisa deterjen dan kotoran tersebut. Dan campuran air hangat kombinasi cuka cukup ampuh untuk mengembalikan kebersihan mesin cuci kamu.

2. Gunakan cuka putih, khusus untuk menghilangkan bau

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Tanpa disadari, mesin cuci menjadi salah satu sumber bau tidak sedap dalam rumah. Salah satu penyebabnya biasanya karena berasal dari pakaian yang kamu cuci tersebut.

Oleh karenanya, penting untuk kamu perhatikan kebersihannya dengan baik. Salah satu cara menghilangkan bau tidak sedap dari mesin cuci adalah dengan menggunakan cuka putih.

Caranya: tuangkan kira-kira dua tutup botol cuka putih ke dalam ruang mesin , tempatkan knop pada suhu 40 derajat celcius. Biarkan selama beberapa menit, setelah itu kuras sampai bersih.

3. Bersihkan wadah deterjen secara rutin

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Selain ke dua bagian penting mesin cuci di atas yang harus dibersihkan, bagian wadah deterjen juga perlu mendapat perhatian. Bersihkanlah wadah deterjen dengan sabun dan sikat.

Hal ini perlu kamu lakukan karena biasanya wadah deterjen seringkali terisi sisa-sisa deterjen yang tumpah dan menempel lengket pada wadah. Bersihkan dengan kain hangat atau sikat untuk menyempurnakan pembersihan.

Baca juga: Top 5 Makanan Khas Magelang Jawa Tengah: Menikmati Suguhan Lezat khas Kota Sejuta Bunga

4. Bersihkan juga bagian bodi luar mesin cuci

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Eksterior mesin cuci juga sangat penting untuk turut dibersihkan, sebab bagian luar inilah yang akan pertama kali terlihat oleh mata. Apabila dibiarkan kotor dan noda-noda menempel tanpa dibersihkan akan sangat berpengaruh terhadap masa pakai mesin cucimu.

Oleh karenanya usahakanlah untuk membersihkannya secara rutin. Tujuan dari pembersihan secara rutin adalah agar kerak yang menempel tidak semakin sulit dibersihkan. Jangan tunda pembersihan jika kamu tidak ingin direpotkan oleh noda yang membandel, segeralah bersihkan.

5. Periksa bagian fiter

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Pada bagian filter atau saringan, periksalah apakah terjadi penyumbatan atau tidak. Jika memang ada segeralah bersihkan, jangan tunda.

Adapun yang menjadi penyebab filter tersumbat biasanya adalah kotoran pada pakaian yang dicuci dan sampah-sampah berbentuk kertas yang tersimpan pada saku celana atau kemeja yang luntur tercuci.

Bersihkanlah filter mesin cuci setidaknya seminggu sekali agar nantinya noda dan kotoran tidak membandel sehingga sulit dibersihkan.

6. Ikuti prosedur perawatan yang direkomendasikan pada buku manual

merawat mesin cuci-lungadolan.com.png1.png

 

Gunakanlah mesin cuci sesuai prosedur pengoperasian. Lakukanlah pencucian pakaian dengan memperhatikan prosedur yang benar dan sesuai yang direkomendasikan pada buku manual.

Salah satu prosedur yang umum ialah misalnya membatasi jumlah pakaian tidak terlalu banyak untuk sekali cuci. Selain menjaga mesin tidak berpotensi ngadat, mencuci pakaian yang overload juga akan menjadikan pakaian kamu tidak bersih sempurna.

Jadi cucilah pakaian sejumlah yang direkomendasikan pada manual book sehingga pencucian akan lebih efektif dan efisien.

Demikianlah uraian tentang 6 hal penting merawat mesin cuci yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *