Memilih termos yang baik dan berkualitas menjadi penting karena barang ini sering menjadi salah satu kebutuhan pokok di dapur. Gunanya tentu saja untuk menyimpan air panas yang telah masak agar terjaga suhu kalornya.

Jika diperhatikan, saat ini telah banyak beredar berbagai macam termos dengan jenis, bentuk, dan ukuran yang berbeda-beda. Tersedia berbagai varian mulai dari termos rumahan sampai dengan termos mini untuk para backpacker.

Cara memilih termos air panas yang baik untuk dipakai di rumah

Saat ini telah banyak produsen termos bermunculan yang menawarkan berbagai harga dan kelebihan produknya masing-masing. Sebagai konsumen, kamu harus jeli dan pandai-pandai memilih termos yang murah dan berkualitas.

Sebab jika tidak, tidak ada yang menjamin termos mu bakal bertahan lama. Bisa jadi baru beberapa kali dipakai untuk ngisi air panas tiba-tiba bocor atau airnya cepat dingin. Bisa jadi penyebab air termos cepat dingin adalah karena kualitasnya jelek. hmmm

Terus gimana dong cara memilih termos yang benar agar kejadian macam itu tidak sampai kejadian? Scroll ke bawah terus..

Perlu diingat bahwa meski banyak vendor bermunculan dengan merk- merk termos terkenal dan baru, namun soal kualitas mendingan jangan suka coba-coba deh? Kamu sendiri harus jeli saat memilah milihnya agar tidak menyesal dengan salah beli.

Lalu bagaimana sih cara memilih termos dengan kualitas terbaik? Untuk menjawab ini tentu saja ada beberapa kriteria yang dipersyaratkan. Salah satunya adalah dengan memperhatikan dan mengetahui bahan yang digunakan.

Khusus pada pemilihan termos untuk dapur rumah tangga, fokuskanlah perhatianmu pada bahan dan material body termos. Bahan apa yang digunakan, teliti.

Pilihlah termos dengan bahan kaca yang bagus untuk bagian dalamnya. Sementara untuk eksterior (bodi) nya pilihlah termos berbahan plastik berlapis metal.

Jangan mudah terbujuk penawaran termos dengan harga murah, hindari juga memilih termos hanya dengan pertimbangan bobot. Berat berarti bagus: SALAH. Yang benar adalah dengan tetap berpedoman pada material bahan yang digunakan.

Hal ini penting karena bahan yang dipakai juga turut berpengaruh terhadap ketahanan dan keawetan termos di rumahmu. Enggak mau kan dalam sebulan harus bolak-balik beli termos baru?

Tips membeli termos air panas yang baik dan berkualitas, yang suka “ngopi” wajib tahu

Saat ini telah banyak macam termos ditawarkan lengkap dengan spesifikasi dan harganya. Nah, lalu bagaimana cara mengetahui kualitas termos yang baik? Berikut saya bocorkan tips memilih termos air panas yang bagus dan awet.

1. Belilah termos “bermerek”

Sebelum memutuskan untuk membeli termos, pastikan Kamu memilih termos dengan merek yang telah banyak dipakai orang. Dengan memilih merek yang sudah banyak dipakai mayoritas orang, berarti setidaknya merek tersebut telah lulus uji kelayakan di pasaran.

Dengan kata lain, semakin banyak orang memakai merek tersebut tentunya barang tersebut memiliki kualitas yang cukup terpercaya bukan?

Meskipun terkadang termos dengan merek yang bagus dan tahan lama harganya lebih mahal, namun positifnya tingkat keawetannya tinggi. Dengan demikian, kamu tidak perlu membeli termos berulang kali lagi.

Baca juga: 6 Hal Penting Merawat Mesin Cuci yang Benar, Nomor 4 Jangan Disepelekan

2. Perhatikan bahan interior termos

memilih termos-lungadolan.com

Dalam memilih termos yang baik perlu juga memperhatikan kriteria lain seperti interior/bagian dalam termos. Hal ini penting karena bagian dalam termos itulah yang berfungsi menampung air panas serta menjaga suhunya tetap tinggi.

Untuk interior termos, pastikan bahan yang dipakai setidaknya terbuat dari stainless steel. Bahan ini merupakan bahan terbaik untuk menjaga kalor, dalam hal ini suhu air, tetap panas. Selain itu, stainless steel juga bahan yang masuk dalam kategori anti karat sehingga aman untuk kesehatan selama digunakan.

3. Perhatikan bodi luar termos

memilih termos-lungadolan.com

Pastikan termos yang kamu beli mengunakan material bodi yang bagus. Termos dengan eksterior yang bagus setidaknya memiliki pegangan yang kuat dan kokoh.

Badan dan pegangan termos yang tidak cukup kuat akan mudah patah serta memiliki tingkat kemampuan menjaga suhu air yang buruk.

Oleh karenanya pilihlah termos dengan bahan luar yang kuat. Ini bisa dideteksi salah satunya dengan merasakan bobotnya tidak terlalu ringan. Ingat! Bobot bukan pathokan utama.

4. Pilih termos yang tidak berbau

memilih termos-lungadolan.com

Kiat memilih termos yang baik selanjutnya adalah agar jangan lupa untuk mengecek bagian dalamnya mengeluarkan bau atau tidak. Jika saat kamu membuka tutup termos lalu keluar bau tidak sedap sebaiknya urungkan untuk membeli termos tersebut.

Bau tidak sedap tersebut biasanya berasal dari bahan/material termos yang dipakai. Sumber bau biasanya berasal dari bagian dalam yang dibuat dengan bahan yang kualitasnya jelek.

Jadi jika kamu mencium bau tidak sedap dari termos, jangan ragu-ragu untuk mengalihkan pilihan pada termos lain.

5. Periksa tutup termos

memilih termos-lungadolan.com

Hal terakhir yang harus diperhatikan dalam memilih termos adalah memeriksa tutupnya. Uji cobalah untuk membuka dan menutup tutup termos tersebut. Pastikan tutup termos membuka dan menutup dengan sempurna.

Termos yang tutupnya tidak bisa menutup sempurna akan berpengaruh terhadap keawetan penyimpanan air panas. Jangan sampai kamu beli termos dengan tutup yang tidak bisa menutup secara sempurna. Baik itu karena ulir yang rusak atau karena hal lainnya.

Jadi kesimpulannya, memilih termos yang benar bisa kamu coba sendiri. enggak perlu ngajak detektif termos..hee. So, semoga bermanfaat ya.

Oke, itu dia ulasan tentang tips cerdas memilih termos yang baik dan berkualitas agar jangan sampai salah pilih. Semoga membantu Anda yang sedang atau baru akan membeli termos. Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *