Top 5 Makanan Khas Magelang Jawa Tengah: Menikmati Suguhan Lezat khas Kota Sejuta Bunga

Makanan Khas Magelang Jawa Tengah – Pernahkah kamu membayangkan untuk menghabiskan waktu liburan kamu di suatu tempat yang kamu impikan? Menjelajahi semua tempat-tempat epic yang ada di sana mungkin adalah salah satu tujuan kedatanganmu kan? Wisata pantai, wisata alam hingga wisata kuliner saya yakin menjadi agenda wajib yang harus kamu tunaikan.

Nah, kali ini lungadolan akan merekomendasikan satu tempat keren untuk jadi destinasi wisata kamu. Yups, Magelang. Kalo kamu tengah merencanakan liburan jangan sampai luput menyambangi kota yang satu ini ya. Di Magelang, ada banyak destinasi wisata unik dan terkenal lho. Sebut saja Candi Borobudur. Sebagai salah satu ikon Indonesia dalam daftar 7 keajaiban yang diakui dunia, ternyata tak sedikit yang menyangka kalo Candi Borobudur ini letaknya ada di Magelang guys.hmm

5 Makanan Khas Magelang Jawa Tengah yang Unik dan Terkenal

Selain destinasi wisatanya yang sudah masyhur, kabupaten yang berjuluk “sejuta bunga” ini ternyata juga menyimpan potesi wisata lain. Ya, di Magelang sendiri kamu bisa menikmati beragam kuliner khas yang lezat. Bahkan sebagian besarnya adalah makanan dan jajanan yang hanya bisa dijumpai di Magelang lho.

Siapa sangka jika kota yang berdekatan dengan Daerah Istimewa Jogjakarta ini menyimpan suguhan makanan khas yang menusantara? Sebut saja jajanan wajik yang menjadi salah satu oleh-oleh khas Magelang. Ada juga bakso krikil yang banyak digandrungi pecinta kuliner dari manapun saat berkunjung ke kota Magelang.

Nah, berikut ini beberapa  makanan dan jajanan yang menjadi ciri khas kota Magelang.

 

1. Bakso Krikil

makanan khas magelang jawa tengah-lungadolan.com

 

Menu yang satu ini merupakan salah satu menu andalan kota Magelang lho guys. Meski Magelang bukan sebagai satu-satunya kota yang memperkenalkan bakso krikil namun bakso krikil asal Magelag ini dikenal memiliki rasa yang khas.

Bahkan kabarnya bakso krikil ini memiliki asal usul yang cukup unik. Menu kuliner ini tercetus sejak tahun 1995 oleh seorang penjual bakso di pinggir jalan. Eitz..untuk cerita lengkapnya akan saya coba tulis di artikel berikutnya ya..hehee

Baca juga: 10 Cara Menjadi Selebgram terkenal dengan mudah dan simpel

 

2. Mangut Ikan Beong

makanan khas magelang jawa tengah-lungadolan.com

 

Nah menu yang selanjuntya namanya mangut beong. Menu kuliner yang satu ini memiliki sejarah yang unik juga di Magelang. Sebagai salah satu kuliner tua di Magelang, menu ini memberikan warna tersendiri pada daya tarik wisata kota Magelang khususnya pada wisata kuliner.

Salah satu rumah makan yang menyediakan menu mangut ikan beong adalah rumah makan Sehati. Rumah makan ini merupakan pelopor menu mangut ikan beong guys. Lokasinya berada sekitar 4 km dari candi Borobudur, tepatnya di desa Kembang Limus, kecamatan Borobudur.

Ikan Beong sendiri hanya bisa ditemukan di aliran sungai Kaliprogo, yang mana sungai ini mengalir dari Magelang sampai Kulonprogo, DIY.

Sekilas, ikan beong memang mirip dengan ikan lele. Begitupun setelah matang dan disajikan akan terlihat seperti ikan lele hanya saja ada sedikit perbedaan. Untuk harga satu porsi ikan beong besar dihargai 80 ribu rupiah sementara untuk ikan beong kecil seporsinya dihargai 35 ribu hingga 45 ribu rupiah. So, jangan lupa cobain ya..

 

3. Nasi Megono

 

makanan khas magelang jawa tengah-lungadolan.com

Menu kuliner khas Magelang yang satu ini tidak kalah legendaris. Nasi megono merupakan salah satu kuliner yang telah ditekuni secara turun-temurun. Adapun cara memasak nasi megono ialah dengan memasak nasi setengah matang sementara sayuran disiapkan pada wajan yang berbeda.

Proses memasaknya diselang seling antara nasi dan urap sayur. Terkadang juga ditambah ikan teri. Setelah matang kemudian keduanya disajikan bersamaan. Rasanya yang gurih dan enak mampu menyihir setiap penikmatnya. Harga satu porsi nasi megono cukup murah hanya 6 ribu rupiah saja.

 

4. Nasi Lesah

makanan khas magelang jawa tengah-lungadolan.com

Nasi Lesah merupakan nasi dengan campuran sayur tauge, bihun, irisan tahu bacem, daun bawang, dan sledri. Kemudian diguyur kuah soto bersantan yang masih panas.

Salah satu pelopor sekaligus penjual Nasi Lesah yang cukup populer di Magelang ialah Nasi Lesah Pak Badut. Nasi Lesah ini sudah berjualan sejak 12 tahun yang lalu, ketika belum ada yang mulai menjualnya. Alhasil warung makan ini selalu ramai sejak saat itu.

Satu porsi nasi lesah dibanderol dengan harga lima ribu rupiah.

 

5. Senerek

makanan khas magelang jawa tengah-lungadolan.com

Kota Magelang juga terkenal sebagai penghasil jajanan khas yang melegenda. Salah satunya yaitu Senerek, yang merupakan istilah untuk menu kuliner berupa sop yang disajikan bersama nasi.
Harga per porsinya dihargai sekitar 8 hingga 10 ribu rupiah saja.

Nah itulah 5 makanan khas Magelang Jawa tengah yang sebaiknya kamu cicipi. Semoga bermanfaat!

 

Leave a Reply