Lungadolan

Situs Informasi Perjalanan dan Gaya Hidup

Baru! Inilah Penampakan Bukit Buluh Payung Bonosari Sempor, Tempat Ngecamp Terbaru yang Keren Abis

Bukit Buluh Payung merupakan destinasi wisata alam eksotis yang tergolong anyar di Kabupaten Kebumen. Lokasinya pun cukup strategis untuk dijangkau, yakni berada di dukuh Tundan, desa Bonosari, kecamatan Sempor, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Destinasi wisata yang satu ini dikelilingi oleh perbukitan yang nuansanya hampir sama dengan bukit Pentulu Indah Karangsambung. Pengunjung dapat menikmati romantisme matahari terbit yang menembus kabut tebal di pagi hari atau eloknya mentari temaram kala sore hari..

Wisata Alam Bukit Buluh Payung Bonosari Sempor

Meski terbilang baru, dibukanya Obyek Wisata Alam Bukit Buluh Payung ini menjadi angin segar bagi para pecinta alam. Tempat ini sangat cocok dan recommended bagi Anda yang tengah mencari nuansa Camping dengan pemandangan yang baru.

Bukit Buluh Payung Bonosari
Ngecamp-lungadolan.blogspot.com

Pasalnya, di tempat ini Anda bisa menggelar tenda kemah sembari ber quality time ria bersama sahabat atau rekan kerja. Menghabiskan waktu menikmati eloknya senja atau menunggu semburat mentari pagi adalah impian liburan yang bisa Anda nikmati disana.

Selain itu, jika Anda kurang berminat untuk ngecamp, sekedar hiking atau bersepeda ria pun bisa Anda lakukan disana.

Well, sebelum berbicara lebih jauh tentang hal-hal apa saja yang bisa dilakukan disana, berikut beberapa informasi seputar track dan rute serta bea masuk Area Wisata Bukit Buluh Payung.

Track dan Rute Perjalanan

Berikut ini kami ulas rute perjalanan menuju ke lokasi wisata. Kami bagi menjadi 3 arah utama; Utara, Selatan-Barat, dan Selatan-Timur. Kemudian untuk bisa menjadi panduan perjalanan terbaik Anda, sesuaikanlah dengan arah dan asal daerah Anda.

Untuk menuju kesana kami sarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau carter mengingat belum ada jasa transportasi umum yang menuju lokasi (kecuali ojek). Perlu diingat juga bahwa rute ini adalah rute termudah dengan mengabaikan jalur terobosan baik jalan yang sempit atau terlalu padat.

Utara (Banjarnegara):

Tempuh perjalanan Via jalan Klampok-Gombong, lanjutkan perjalanan sampai melewati Waduk Sempor. Sampai di pertigaan Jatinegara (depan Indomaret/samping Alfamart Jatinegara) belok kiri ± 500 m menuju desa Bejiruyung. Sampai di perempatan Bejiruyung (Balai desa Bejiruyung/mie ayam pak Supri) belok kiri. Terus ikuti jalan hingga tiba di Balai Desa Bonosari.

Dari Balai Desa Bonosari lanjutkan perjalanan ke arah utara, ± 2-3 km. Adapun lokasi wisatanya bisa dijangkau dengan mobil atau motor sampai di area parkir. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke titik lokasi dengan berjalan kaki.

Selatan-Barat (Jakarta, Purwokerto, Cilacap, Gombong):

Via Jalan Nasional sampai di pusat kota Gombong. Sampai di pertigaan Gombong (Lampu kuning Gombong, RS PKU Muhammadiyah Gombong/Alfamart Gombong 1) ambil kiri ke arah utara jalan Gombong-Banjarnegara.

Lanjutkan perjalanan sekitar 5 menit sampai di pertigaan Jatinegara (Alfamart Jatinegara) lalu belok kanan. Tempuh perjalanan sesuai informasi rute dari arah (*utara) diatas.

Selatan-Timur (Yogyakarta, Kebumen Kota, Gombong):

– Via jalan Gombong-Banjanegara (*Rute sama)
– Via Jalan Kartini/Benteng Van der Wijck; Tempuh perjalanan sekitar 1 km melewati Benteng Van Der Wijck. Anda akan masuk desa Pekuncen. Sampai di pertigaan Pekuncen belok kiri menuju arah desa Bejiruyung.

Sampai di SDN 2 Bejiruyung, Anda akan menemukan perempatan Bejiruyung ambillah arah kanan. Tempuh perjalanan seperti rute sebelumnya diatas.

Adapun akses jalan menuju lokasi saat ini bisa ditempuh menggunakan mobil dan motor. Hanya saja jalan beraspal khas pegunungan akan terasa sangat terjal, jadi berhati-hatilah.

Apa yang bisa dilakukan disana?

Uhh-lungadolan.blogspot.com

Di lokasi wisata Bukit Buluh Payung, Anda bisa melakukan berbagai hal sebagaimana berwisata alam pada umumnya. Menikmati sunrise dan sunset adalah tawaran suguhan paling menarik dari wisata alam anyar yang satu ini.

Panorama asri dan udara sejuk diatas ketingggian bisa Anda nikmati dengan tenang disana. Jika Anda berkunjung kesana pagi hari, Anda bisa menyaksikan lautan kabut yang menyelimuti pucuk-pucuk pohon pinus.

Bukit Buluh Payung

Anda juga bisa merencanakan bermalam disana dengan menggelar kemah. Menikmati udara hangat dan sunset romantis pada sore hari lalu disuguhi sunrise cantik kala bersua pagi. So, luar biasa indah bukan?

Harga Tiket Masuk dan Parkir Kendaraan

Untuk saat ini, setiap pengunjung bisa dengan mudah mengakses keindahan lokasi wisata tanpa membayar tiket masuk. Hal ini mengingat wisata Bukit Buluh Payung ini terbilang masih sangat baru.

Ngothel Manjat-lungadolan.blogspot.com

Wisata yang diresmikan tanggal 15 Mei 2018 lalu tersebut diakui oleh pihak pengelola masih memerlukan banyak pembenahan di berbagai sisi.

Selain jalannya yang terbilang kurang accessable, fasilitas umum seperti toilet pun belum ada. Hanya ada beberapa warung kecil yang menyediakan makanan ringan dan minuman pelepas dahaga serta kopi panas.

Menurut pengelola, pihaknya akan melakukan pembenahan dan pembangunan infrastruktur penunjang secepatnya. Diperkirakan pada momen libur lebaran yang jatuh pada pertengahan Juni mendatang, wisata ini sudah siap menampung gelombang wisatawan.

Selain itu, pihaknya juga mengakui bahwa akan dibuka jasa sewa tenda bagi pengunjung yang akan ngecamp di area lokasi wisata.

Nah, itulah sekelumit informasi seputar obyek wisata Bukit Buluh Payung Bonosari Sempor, Kebumen yang bisa kami ulas untuk Anda. Jangan lupa sempatkan waktu Anda untuk berkunjung dan nikmati panorama indah khas pegunungan bersama sahabat dan keluarga tercinta Anda. Semoga bermanfaat, Salam Lungadolan.