Lungadolan

Situs Informasi Perjalanan dan Gaya Hidup

Waduk Sempor, Wahana Rekreasi dan Spot Eksotis Wisata Alam yang Tidak Biasa

Waduk Sempor termasuk kedalam jajaran salah satu obyek wisata terfavorit di Kabupaten Kebumen. Waduk yang terletak di desa Sempor, kecamatan Sempor, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah ini menyuguhkan pemandangan perairan buatan dan suasana alami khas pegunungan yang tidak biasa.

Bentang alam yang indah terlihat jelas mengelilingi Waduk seluas 44 km2 ini. Ribuan pepohonan pinus  dan aneka pohon perhutani lainnya menjulang tinggi kehijauan menambah kesejukan alami di sekitar lokasi wisata.

Keberadaan warung-warung penjual makanan dan minuman pun menjadi pemandangan elok tambahan bagi para wisatawan. Suguhan makanan khas “mendoan anget” ala Sempor tersaji hampir di seluruh warung di sepanjang tepi area wisata.

Menikmati indahnya suasana Waduk yang indah dengan ditemani mendoan anget dan secangkir kopi atau teh panas lah yang juga menjadi magnet tersendiri bagi calon pengunjung untuk datang.

Waduk Sempor sumber kehidupan petani 

Konon, menurut sejarah asal usul Waduk Sempor, bendungan ini dibangun dengan tujuan utama yakni sebagai bendungan sumber irigasi sawah penduduk di kecamatan Sempor. Sejak selesainya proyek pembangunan Waduk Sempor ini, pengairan menuju sawah para petani selalu lancar.

Kendala utamanya hanya saat musim kemarau berkepanjangan yang memang tidak bisa diprediksi kapan akan kembali masuk musim penghujan sehingga waduk terisi air lagi.

Berkat aliran irigasi yang bersumber dari air Waduk Sempor itulah dari dulu hingga sekarang, ratusan petak sawah di daerah Tunjungseto, Jatinegara sampai dengan Selokerto dikelola sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan pokok harian. Meski hampir 98 % total sawah dan ladang ditanami padi, namun ada juga beberapa petani yang mencoba membudidayakan tanaman palawija, sayuran dan buah.

 

Bentang Alam dan Romantisme Waduk Sempor

Waduk Sempor
Waduk Sempor via @waduksempor

Perlu diketahui, Waduk Sempor memang bukan satu-satunya area wisata di Kebumen yang masuk kategori wisata danau buatan. Karena ada juga beberapa bendungan lain yang juga sekaligus dijadikan sebagai area wisata, yaitu Waduk Wadaslintang dan Wisata Alam Jembangan.

Waduk Sempor sendiri merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan dari luar Sempor, Kebumen atau bahkan luar Jawa.

Tempat ini digadang-gadang menjadi wisata favorit keluarga karena kondisi lokasi yang ramah lingkungan, ditambah lagi suasananya yang sejuk dan asri menjadi daya tarik paling menarik dari wisata ini. Selain itu adanya jalur khusus yang representatif untuk berlalu lalang di sepanjang Waduk juga banyak menarik perhatian dan minat wisatawan untuk datang.

Anda bisa menikmati momen kebersamaan dan romantisme bersama keluarga atau pasangan dengan tenang nan rileks. Melakukan rutinitas berolahraga dengan lari pagi juga aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pengunjung. Sehingga tidak heran jika hari libur tiba maka bisa dipastikan kuantitas pengunjung akan melonjak naik.

Monumen Waduk Sempor

Waduk Sempor

Jika Anda berada di sekitar area wisata Waduk Sempor, sempatkanlah untuk mengunjungi sebuah ikon wisata yang ada disana. Bangunan yang menjulang hingga 5 meter dengan dikelilingi pagar besi berwarna biru merupakan sebuah monumen sakral.

Menurut kabar yang dapat dipercaya bahwa tujuan dibangunnya monumen tersebut adalah untuk mengenang tragedi jebolnya Waduk Sempor tahun 1967. Tragedi berdarah itu menewaskan hingga 127 orang.

Oleh karenanya tidak heran juga jika kejadian yang memakan banyak korban jiwa tersebut menyita perhatian pemerintah saat itu. Hingga akhirnya beberapa tahun setelah kejadian tersebut, tepatnya pada Maret 1978 dibangunlah monumen Waduk Sempor yang seperti sekarang ini.

Saat itu Monumen tersebut diresmikan secara langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik Republik Indonesia, Prof DR Ir Sutami.

Sekedar informasi, Anda bisa mengunjungi monumen Waduk Sempor tersebut dengan berjalan kaki santai dari pintu masuk utama ke arah utara sekitar 10 menit. Anda akan menemukan bangunan menara dengan dikelilingi pagar besi berwarna biru, itulah Monumen Waduk Sempor. Disana juga terdapat prasasti yang konon berisi daftar korban yang meninggal saat kejadian.

Tempat dan Spot Favorit Terkait

Selain titik sentral objek wisatanya, Waduk Sempor juga memiliki beberapa tempat spesial yang biasa dikunjungi para wisatawan saat berlibur kesana. Diantaranya adalah DAM Sempor, Lapangan Hitam, Masjid Pancasila, Area Gedung PLTA, Happy Valley Resort dan Bukit Kedoya.

1. DAM Sempor

Waduk Sempor
DAM Sempor via @Darmawati1402

Anda bisa berkunjung ke spot ini dengan mudah karena lokasinya yang tidak begitu jauh dari Waduk, serta aksesnya yang mudah dijangkau. Jika Anda berasal dari wilayah Timur, Selatan dan Barat, Anda bisa meneruskan perjalanan melewati pintu gerbang utama Waduk Sempor.

Waktu yang diperlukan untuk bisa sampai di lokasi sekitar 15 menit dengan mengendarai sepeda motor atau mobil.

Sementara bagi Anda yang berasal dari wilayah utara seperti Banjarnegara dan sekitarnya, Anda akan lebih mudah menemukan tempat ini karena memang lokasinya akan Anda lewati sebelum sampai di Waduk Sempor.

DAM Sempor menyuguhkan pemandangan bendungan mini dan air terjun yang setinggi 4-5 meter. Biasanya para pengunjung yang menghabiskan waktu disana akan menyempatkan untuk mandi dan berenang. Atau jika hanya akan berselfie ria pun tidak masalah.

2. Lapangan Hitam

Tempat yang satu ini memang bukan tempat khusus untuk bisa menikmati indahnya perairan Waduk Sempor. Namun, jika Anda berlibur bersama teman atau keluarga dan ingin menghabiskan momen quality time Anda bersama mereka maka spot ini cukup recommended.

Selain tempatnya yang luas karena sering digunakan untuk mengadakan event besar juga merupakan tempat yang teduh dan sejuk. Di sisi lain Anda juga bisa mengintip sensasi keindahan Waduk Sempor dari atas.

3. Area PLTA

Waduk Sempor

Sebenarnya tempat ini bukan termasuk ke dalam area wisata Waduk Sempor yang dibuka untuk umum, namun sebagian pengunjung terutama para muda-mudi sering menjadikan tempat ini sebagai tempat “nongkrong”.

Tempat yang merupakan jalan aspal sepi dan suasananya yang teduh menjadi lokasi favorit untuk berkumpul dan berfoto ria.

4. Masjid Pancasila

Waduk Sempor
Masjid Pancasila Sempor via photagram.org

Masjid Pancasila memang tergolong masjid tua di Kecamatan Sempor. Menurut sejarah, masjid ini dibangun sudah cukup lama sekitar tahun 1960 an, bahkan sebelum terjadinya tragedi Jebolnya Waduk Sempor.

Masjid Pancasila menjadi saksi keganasan aliran air Waduk Sempor yang menyapu bersih pemukiman warga saat itu. Meski tidak terlalu parah, kejadian itu mampu menyebabkan kerusakan serius pada bangunan masjid yang mau tidak mau mengharuskan dilakukannya renovasi besar-besaran.

Untuk saat ini, Anda bisa menjadikannya tempat untuk beribadah sekaligus berkumpul bersama sahabat dan keluarga.

Menariknya saat ini disana juga terdapat area bermain anak yang lengkap dengan wahananya. Jadi cukup recommended untuk dijadikan titik kumpul Anda dan keluarga saat berkunjung ke Waduk Sempor.

5. Happy Valley Resort   

Keberadaaannya yang memiliki fungsi utama sebagai restoran dan karaoke menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung, utamanya kaum muda-mudi. Lokasinya pun sangat strategis yakni berada di sebelah utara Waduk. Anda bisa ke lokasi dengan berjalan kaki atau menyewa perahu jika Anda berada di titik yang berseberangan.

Sementara jika Anda masih dalam perjalanan menuju Waduk, Anda bisa menemukannya dengan masuk dari pintu masuk sebelah timur. Lokasinya dari gerbang utama lurus sekitar 500 meter, sampai di pertigaan ambil arah kanan dan ikuti jalan naik sekitar 400 meter. Anda bisa menikmati makanan cafe khas Sempor sekaligus menyalurkan hobi bernyanyi Anda disana. Lengkap bukan?

6. Bukit Kedoya

Waduk Sempor
Bukit Kedoya via @muktigalihfs

Waduk Sempor, selain dikelilingi pepohonan hutan yang tumbuh di samping kanan kirinya, juga terdapat spot yang bagus untuk melihat keindahan Waduk Sempor dari ketinggian, yaitu bukit kedoya.

Bukit ini terletak di sebelah selatan waduk. Untuk menuju kesana jika Anda dari arah Gombong, Anda akan melewati jembatan double. Dari jembatan teruskanlah menempuh perjalanan kurang lebih 500 m.

Anda akan menemukan jalan kecil sebagai akses utama menuju kesana. Jika Anda kesulitan mencari lokasi tepatnya bertanyalah kepada penduduk setempat.

Baca juga: Indahnya Sunrise Waduk Sempor Antara Mimpi dan Nyata

Adapun spot yang ditawarkan adalah keindahan waduk sempor dari ketinggian, anda bisa selfie disana. namun yang perlu diperhatikan adalah faktor keselamatan, karena bukit tersebut belum sepenuhnya dikelola sehingga extra hati-hati dan tetap jaga faktor keselamatan adalah hal utama, apalagi Anda berada di tebing atau bukit yang tinggi nan curam.dibalik itu semua rasanya pasti akan kalah jika teman teman sudah meraskan kesana, tertarik untuk mencoba ?

Nah itulah sepenggal ulasan tentang serba-serbi Obyek Wisata Waduk Sempor Gombong Kebumen yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam Ngetrip Kuy!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *