Tips merencanakan liburan keluarga akhir-akhir ini menjadi tren penting pencarian bagi banyak orang di media online. Hal ini wajar saja karena seiring munculnya tren destinasi wisata anyar di Indonesia.

Hampir di seluruh wilayah nusantara pasti terdapat area wisata baru bermunculan. Mulai dari bentang alam natural seperti pantai dan pendakian gunung sampai dengan area wisata buatan yang dibuka hasil swadaya masyarakat setempat yang dipermak besar-besaran.

Keberadaan tempat wisata dengan beragam wahana yang disuguhkan tidak bisa dilepaskan dari antusiasme pengunjung. Tidak sedikit dari pengelola wisata yang menyajikan paket wahana liburan seru bersama untuk keluarga.

Hal ini karena dengan menyasar kelompok keluarga bisa menjadi orientasi potensial agar dapat melejitkan omset wisata. Sehingga mau tidak mau Anda dan keluarga sebagai pihak pengunjung pun harus selektif dalam memilih destinasi wisata yang menyenangkan namun tetap hemat biaya.

10 Tips liburan keluarga hemat untuk momen kebersamaan tak terlupakan

Bagi Anda yang tengah merencanakan liburan bersama keluarga, saudara atau sahabat, berikut ini kami ulas untuk Anda 10 tips liburan keluarga hemat yang wajib Anda ketahui.

1. Sebelum Berangkat, Cek semua persiapan yang akan dibawa

tips liburan keluarga-lungadolan.com
jangan sampai pada lupa barang-barangnya-lungadolan.com

Liburan adalah momen dimana Anda akan banyak menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama sanak famili atau sahabat. Jika mengabaikan hal ini alih-alih melakukan perjalanan untuk menghilangkan penat justru malah dibuat pusing dengan barang penting yang tidak terbawa.

Pastikan alat-alat super penting seperti obat-obatan, pakaian ganti, gadget dan chargernya, popok dan pampers, serta alat mandi keluarga jika Anda sekeluarga berniat untuk menginap.

Hal-hal sepele semacam itu sangat penting untuk meminimalisir biaya liburan Anda membengkak. Tidak terbayang bukan jika Anda berlibur tanpa membawa peralatan penting tersebut dan harus beli di sekitar lokasi wisata? Lebih baik jangan, ya.

2. Googling lokasi wisata tujuan, cari tahu harga tiket masuk dan wahananya

Di Zaman yang serba canggih ini kita telah dimudahkan untuk mendapatkan informasi apapun  via gadget. Manfaatkan gadget Anda untuk mencari informasi seputar destinasi wisata yang hendak Anda  tuju.

Mencari info detail tentang harga tiket masuk area wisata termasuk wahana yang ada akan membuat perencanaan pengeluaran liburan Anda lebih terukur. Lakukan hal yang sama pada setiap destinasi wisata yang akan Anda kunjungi jika akan menghabiskan waktu liburan di banyak tempat.

3. Usahakan berlibur berkelompok bersama sahabat atau kawan lama

Menikmati liburan bersama keluarga memang menyenangkan, tapi rasanya kurang lengkap jika tanpa sahabat atau kawan lama. Berlibur bersama mereka selain menambah susasana keceriaan lain juga dapat mengurangi beban biaya. Misalnya jika Anda berlibur dengan jasa biro perjalanan tentu akan lebih hemat jika mengambil paket rombongan dengan biaya patungan, bukan?

4. Cerdas dalam memilih biro perjalanan

Menentukan biro perjalanan yang akan menghadnel perjalanana Anda sekeluaragacukup penting. Bijak dan cerdaslah dalam memilih biro perjalanan yang terpercaya agar tidak menimbulkan masalah dan biaya operasional tak terduga yang tak diinginkan.

5. Pilih deadline liburan yang anti mainstream

Hal paling menyebalkan saat berlibur bertepatan dengan hari libur panjang adalah membludaknya wisatawan yang datang di setiap lokasi wisata.

Untuk mengantisipasi liburan Anda dan keluarga tetap khusyu cobalah untuk memilih hari dan tanggal liburan yang tidak banyak dipakai banyak orang untuk + dari berlibur. H+ beberapa hari setelah banyak liburan bisa menjadi pilihan.

6. Prioritaskan lokasi wisata yang baru

Tempat wisata yang baru dibuka atau diresmikan tentu akan memeberikan penawaran masuk dan menikmati wahana dengan harga yang lebih murah. Sehingga Anda bisa memprioritaskan tempat wisata baru sebagai tujuan liburan Anda untuk membantu menghemat biaya.

7. Rencanakan Perjalanan Malam

Jika Anda sekeluarga akan berlibur keluar kota atau ke luar negeri yang memerlukan waktu berjam-jam untuk sampai di lokasi, rencanakanlah jam mulai perjalanan pada sore atau malam hari. Jika Anda on the way saat sore/malam hari Anda akan menghemat biaya setidaknya 0 rupiah untuk biaya penginapan.

8. Prioritaskan perjalanan dengan transportasi umum via jalur darat

Hal lain yang cukup penting guna menghemat biaya liburan adalah pemilihan transportasi yang akan Anda gunakan. Utamakanlah penggunaan transportasi umum via jalur darat.

Meski akan memakan waktu lebih lama namun Anda jadi punya waktu lebih banyak untuk beristirahat di kendaraan atau pemberhentian. Lupakan sejenak mobil pribadi kesayangan Anda untuk mendapatkan liburan yang lebih menyenangkan.

9. Bersantaplah di Warung Lokal dan tahan Keinginan menginap di Hotel Berbintang

Bagi Anda yang sudah merencanakan liburan jauh-jauh hari tentu sudah menyiapkan budget lebih selama momen liburan. Namun bagi anda yang memiliki budget pas-pasan dan hendak berhemat saat liburan cobalah untuk tetap low profile. 

Makanlah di rumah makan lokal, hindari restoran mahal yang bisa mempertipis dompet Anda. Selain itu juga tahanlah gengsi Anda untuk menginap di hotel berbintang di sekitar lokasi wisata. Sebaliknya pilihlah penginapan yang bagus tapi dengan harga terjangkau.

10. Hindari membeli cendera mata/souvenir di area wisata

Menjadi hal yang lumrah jika setiap momen liburan pasti membeli oleh-oleh, Nah untuk Anda yang
sedang berhemat lebih baik hindarilah membeli souvenir di sekitar lokasi wisata, hal ini karena harganya yang jelas lebih mahal. Namun jika Anda berkeinginan kuat membeli souvenir untuk seseorang di rumah sebaiknya pilihlah souvenir dan tempat membelinya yang terjangkau.

Nah, itulah 10 tips liburan keluarga yang hemat dan tidak menguras dompet. Semoga bisa menjadi referensi Anda dalam menentukan tempat liburan bersama keluarga yang pas dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *