Tips hemat saat liburan menjadi suatu hal yang penting bagi kamu yang tengah merencanakan liburan namun budget yang tersedia pas-pasan. Pada artikel sebelumnya tentang tips liburan keluarga sudah saya ulas tentang bagaimana strategi keuangan yang baik saat liburan bersama keluarga.
 
Nah, pada artikel ini saya akan membahas tentang beberapa tips menghemat uang saat liburan untuk kamu yang hendak menjadi solo traveller atau berlibur sendirian ke suatu tempat.
 
Pada intinya, jika kamu pandai dalam merencanakan setiap detail pengeluaran yang akan kamu habiskan selama liburan maka aman. Timbal baiknya adalah kamu akan sangat menikmati momen liburan kamu disana.
 
Mempertimbangkan hal-hal sepele namun penting mulai dari booking tiket dan packing perbekalan sampai bab akomodasi setibanya di lokasi wisata menjadi menu wajib kamu yang ingin menikmati liburan irit. Perlu diingat bahwa berhemat selama berada di lokasi liburan merupakan suatu keharusan agar kerja kerasmu mengumpulkan pundi-pundi rupiah tidak sia-sia.
 

8 Tips Hemat Saat Liburan ala Backpacker

  Bagi kamu yang tengah merencanakan liburan dalam waktu dekat, cara hemat saat liburan berikut bisa kamu terapkan.  

1. Jadilah akuntan dadakan untuk liburan kamu sendiri

  Merencanakan dan memperhitungkan rincian biaya yang diperlukan untuk liburan kamu sangat penting. Cobalah untuk merinci setiap item penganggaran keluar yang akan kamu tunaikan disana.  

Buatlah list setiap detail penganggaran mulai dari pemesanan tiket transportasi sampai dengan pembelanjaan oleh-oleh atau souvenir.

Hal ini untuk menghindari terjadinya overbudget dari perencanaan anggaran awal yang direncanakan.  

2. Pastikan persiapan keperluan dan pemesanan tiket dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya

Bagi kamu yang berencana liburan dengan transportasi umum seperti pesawat ataupun kereta api alangkah baiknya memesan tiket 1-2 bulan sebelum hari H liburan kamu.  

Pemesanan tiket jauh-jauh hari sebelum keberangkatan memungkinkan kamu mendapatkan harga normal sangat besar. Lain halnya ketika kamu misalnya memesan tiket H-7 dari keberangkatan tentu harganya bisa jauh lebih mahal atau bahkan malah kehabisan.  

Lakukan hal yang sama tersebut pada persiapan keperluan pribadi kamu. Lengkapilah kebutuhan yang akan kamu bawa jika belum ada beli atau pinjamlah ke teman atau saudara.

Hal ini perlu dilakukan setidaknya agar nantinya tidak merepotkan kamu jika harus membelinya di lokasi wisata yang sangat mungkin harganya jauh lebih mahal.  

3. Install aplikasi Gmaps di smartphonemu  

Mungkin keberadaan aplikasi seperti gmaps di smartphone kamu terkesan sepele bagi sebagian orang. Namun bagi kamu yang akan atau sedang melakukan perjalanan liburan akan sangat penting untuk mengantisipasi saat kamu tersesat dari rute awal. Jika tidak maka hal tersebut hanya akan memporak porandakan mood liburanmu.  

4. Bawalah snack + minum dan makanan yang tahan lama  

Sebelum pergi siapkanlah makanan ringan atau berat yang tahan lama. Item tersebut akan sangat dibutuhkan jika sewaktu-waktu kamu kelaparan di perjalanan atau di lokasi wisata sementara warung atau toko penjual makanan dan minuman sulit dijangkau.  

Tips Hemat saat Liburan….

5. Makan di rumah makan lokal  

Setibanya di tempat liburan biasanya kamu akan merasa sangat lapar. Baik karena efek perjalanan yang panjang maupun karena kamu memang belum bersantap di rumah saat hendak berangkat.  

Segeralah cari informasi warung atau rumah makan di lokasi wisata yang harganya terjangkau. Tidak perlu terlalu irit dalam memilih menu makanan yang tersedia namun setidaknya tetaplah pada satandar kenyamanan kamu.

Sebaliknya tahanlah keinginanmu untuk sementara tidak makan di restoran mewah saat berlibur, karena hal ini akan berpengaruh pada menipisnya budget liburan kamu.  

6. Cari penginapan yang enjoyable tapi murah  

Selain mengisi perut, hal lain yang harus kamu pikirkan setibanya di lokasi wisata adalah mencari tempat untuk menginap dan meletakan barang-barang bawaan kamu. Bertanyalah pada pemandu wisata atau masyarakat setempat mengenai penginapan yang bagus dan nyaman dengan harga terjangkau.

Tentunya hal ini hanya bagi kamu yang berlibur hingga berhari-hari ya.   Jangan terbuai dengan enaknya menginap di hotel berbintang saat liburan dengan budget pasa-pasan seperti kamu. Karena alih-alih berhemat justru keuangan kamu akan membengkak.  

7. Anggarkan dan nikmati wahana seru sesuai selera kamu agar tidak mubadzir

8 Tips Cerdas dan Hemat Saat Liburan ala Backpacker Sejati

  Di lokasi wisata tentu tersedia banyak wahana yang bisa dinikmati oleh para pengunjung. Nah, jika kamu ingin berhemat tetaplah luangkan waktu kamu untuk menikmati wahana yang ada.  

Namun pilihlah dengan tetap mempertimbangkan selera kamu. Misalnya jika kamu tidak suka berenang atau takut dinginnya air kolam maka tidak perlu memaksakan diri memasuki wahana kolam renang karena hanya akan mempertipis dompet saja.  

Baca juga:
Tips Mudah Edit Foto dengan VSCO untuk Pemula, Buat Momen Liburanmu jadi Lebih Keren

8. Belanja souvenir dengan cerdas  

Sepertinya membeli souvenir menjadi ritual penting bagi setiap wisatawan saat pulang dari liburan. Jika kamu termasuk orang yang memegang erat ritual tersebut sebaiknya belanjakanlah uang kamu untuk membeli souvenir dengan cerdas.  

Pilihlah tempat membeli souvenir di pasar tradisional sekitar area wisata saja. Hindari membeli souvenir di toko khusus souvenir yang besar karena biasanya selisihnya akan lebih mahal dari membeli di pasar umum.  

Nah demikianlah ulasan tentang 8 tips hemat saat liburan ala backpacker sejati. Semoga bisa menjadi referensi kamu dalam merencanakan setiap liburanmu ke depannya jauh lebih baik. Akhirnya, semoga bermanfaat!    



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *